Selebritas

Bruce Willis Didiagnosis Demensia Frontotemporal

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 18 Februari 2023
Bruce Willis Didiagnosis Demensia Frontotemporal
Bruce Willis dinyatakan derita demensia frontotemporal. (foto: Imdb)

KELUARGA Bruce Willis mengumumkan bahwa aktor berusia 67 tahun itu didiagnosis menderita afasia dan akan pensiun dari dunia akting pada Maret 2022. Namun, dalam perkembangan terkini, kondisi sang aktor memburuk menjadi demensia frontotemporal. Pihak keluarga mengunggah pernyataan diagnosis terbaru Willis, Kamis (16/2).

“Sejak kami mengumumkan diagnosis afasia Bruce pada musim semi 2022, kondisi Bruce memburuk dan kami sekarang memiliki diagnosis yang lebih spesifik: demensia frontotemporal (dikenal sebagai FTD). Sayangnya, tantangan komunikasi hanyalah salah satu gejala dari kondisi yang dihadapi Bruce. Meskipun ini menyakitkan, lega akhirnya memiliki diagnosis yang jelas,” ujar pihak keluarga dalam sebuah pernyataan di laman Association for Frontotemporal Degeneration.

BACA JUGA:

Mengenal Aphasia, Kondisi Kesehatan yang Membuat Bruce Willis Berhenti Akting

Rumer Willis, anak Willis, juga membagikan kabar tersebut bersama dengan foto ayahnya di Instagram. Dalam unggahan itu, Rumer mengajak pengikutnya untuk melihat lebih lanjut mengenai kondisi ayahnya lewat tautan yang disediakan.

Seperti dijelaskan Mayo Clinic, demensia frontotemporal merupakan sebuah jenis demensia yang sering kali didiagnosis pada orang dengan usia yang lebih muda daripada bentuk demensia lainnya. Jenis demensia ini dapat ditandai dengan perubahan kepribadian, kesulitan berbicara, dan gangguan motorik. Kondisi ini merupakan penyebab dari 10 persen hingga 20 persen dari kesleuruhan diagnosis demensia.

Gejala yang umum ditemukan meliputi gerakan lambat atau kaku, kehilangan kontrol kandung kemih atau usus, meskipun ini cenderung terjadi di kemudian hari, dan kelemahan otot.

Pada demensia frontotemporal, lobus frontal dan temporal otak menyusut. Selain itu, zat tertentu menumpuk di otak orang yang mengalami kondisi ini. Hal yang menyebabkan perubahan tersebut biasanya tidak diketahui.

BACA JUGA:

Juara! Bruce Willis Total Banget dalam Balutan Kostum Halloween

Seperti dikabarkan Variety, karier akting Willis dimulai pada awal 1980-an dengan perannya dalam film seperti The Verdict, Blind Date, dan Sunset. Pada 1985, kariernya berkembang pesat dengan peran utamanya sebagai lawan main dari Cybill Shepherd dalam serial ABC Moonlighting dan penampilan ikoniknya sebagai bintang aksi John McClane dalam Die Hard pada 1988.

Selain membintangi empat sekuel Die Hard, Willis juga melakukan penampilan yang mengesankan dalam Pulp Fiction, 12 Monkeys, The Fifth Element, The Sixth Sense, hingga Armageddon.

bruce willis
Willis bersama Edward Norton dalam 'Motherless Brooklyn'. (foto: imdb)

Selama 40 tahun karier akting Willis, film-film yang ia bintangi telah meraup lebih dari $5 miliar di seluruh dunia. Willis juga telah dinominasikan untuk lima Golden Globes, yang ia menangi satu untuk Moonlighting. Ia juga meraih tiga nominasi Emmy, satu ia menangi untuk Moonlighting dan satu lagi untuk perannya sebagai bintang tamu di Friends.

Dalam beberapa tahun terakhir, Willis hanya muncul dalam beberapa film. Peran utamanya yang terakhir ialah di film Motherless Brooklyn bersama Edward Norton di 2019 dan film karya M Night Shyamalan, Glass.(dsh)

BACA JUGA:

Bruce Willis Bintangi Prekuel Film "Die Hard"

#Selebritas #Bruce Willis
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan