Browsing di Google Chrome Lamban? Cara Ini Bikin Cepat Pengaturan google chrome yang dapat diubah dapat membuat browser bekerja dengan lamban (Foto: Pixabay/geralt)

BROWSER yang satu ini sangatlah populer di kalangan pengguna internet. Dengan 72% pangsa pasar desktop pada bulan November 2018 menurut data Statcounter.com. Tapi, Terkadang browsing dengan Google Chrome bisa juga jadi lamban. Meskipun browser ini dikenal sangat cepat. Penyebabnya karena pengaturan Google Chrome yang bisa diubah-ubah.

Misalnya dari segi tampilannya atau cara pengoperasinnya. Namun enggak perlu khawatir. Kamu bisa mengatur kembali agar Google Chrome kamu dapat kembali bekerja dengan cepat. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan menurut laman Tech Radar.

1. Ubah tema ke default

Tema-tema yang ada di toko web dapat membuat kinerja Google Chrome kamu lamban (Foto: Google)

Chrome memiliki banyak tema yang tersedia di toko web. Semuanya dapat dipasang hanya dengan sekali klik. Tapi tema-tema tersebut dapat mempengaruhi kecapatan browsing Google Chrome.

Jadi, untuk mengatasinya. Kembalikan tema Chrome kamu ke default. Buka opsi pengaturan, lalu klik opsi appearance. Di situ akan ada pilihan untuk mengatur ulang tema default.

2. Hapus program yang enggak berguna

Menghapus program enggak berguna menggunakan Malwarebytes (Foto: malwarebytes.com)

Program enggak berguna bisa muncul berupa notifikasi saat kamu sedang browsing. Jika notifikasi itu agaknya terlihat aneh. Tandanya ada suatu program seperti virus yang sudah melekat di Google Chrome kamu. Untuk mengatasinya gunakan aplikasi seperti Malwarebytes untuk membersihkan program itu.

Atau kamu juga bisa menghapusnya melalui pengaturan Google Chrome. Caranya klik opsi pengaturan (setting). Lalu klik lanjutan (advanced), lalu klik pilihan bersihkan komputer (clean up computer).

3. Gunakan Typio form recovery

Cukup isi formulir agar masalah kamu teratasi (Foto: Google)

Typio Form Recovery ialah salah satu ekstensi Chrome untuk mengatasi masalah teknis. Dengan cara ini kamu akan mengisi formulir yang akan dikirimkan ke Chrome. Masalah yang membuat Chrome kamu lambat nantinya akan ditemukan dengan mengisi formulir ini. Kamu bisa langsung mengetik Typio Form Recovery di pencarian Google untuk menggunakannya.

4. Tetap perbarui chrome

Pembaruan juga bisa dilakukan secara manual (Foto: Pixabay/PixLoger)

Google chrome dapat memperbarui browser secara otomatis. Untuk melakukan pembaruan yang tertunda. Kamu bisa mengklik pilihan menu di pojok kanan atas. Di sana akan terlihat pembaruan Chrome yang tertunda. Kamu bisa mengaktifkan pembaruan tersebut secara manual.

Bagaimana, mudah kan untuk membuat Google Chrome kembali bekerja dengan cepat sahabat Merah Putih? (ikh)

Baca juga: Google Chrome Vs Firefox, Manakah Browser Terbaik?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo