Brown Sugar, Si Manis Alami yang Menyehatkan Brown sugar ternyata bermanfaat bagi kesehatan (Foto: Pixabay/GabiSanda)

ANAK muda pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya brown sugar. Apalagi yang hobi minum boba, tentu tahu brown sugar merupakan bahan baku minuman menyegarkan itu. Ternyata bukan hanya rasa manis dan teksturnya saja yang membuat banyak orang jatuh hati, brown sugar punya kelebihan yang tidak dimiliki gula lain.

Melansir healthbenefitstimes.com, brown sugar mulai populer di Eropa pada tahun 1007-an. Zaman dahulu brown sugar hanya digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat kudapan pencuci mulut.

Baca juga:

Tren Minuman Boba Makin Menjamur, Apakah Itu Aman untuk Kesehatan?

Nah, kamu akan merasakan manfaat kesehatan berikut ini jika mengonsumsi brown sugar:

1. Menghindari obesitas

Brown sugar lebih rendah kalori (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Kandungan kalori di dalam brown sugar jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan gula lain. Maka mengganti asupan gula dengan brown sugar berpotensi menghindari resiko penyakit obesitas. Gula ini juga cocok digunakan untuk membuat camilan sehat program diet.

2. Kesehatan kulit

Banyak digunakan sebagai produk kecantikan kulit (Foto: Pixabay/silviarita)

Selain menambah cita rasa, brown sugar ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Ada banyak produk kecantikan seperti scrub wajah yang menggunakan brown sugar sebagai bahan utama.

3. Bebas bahan kimia

Tidak mengandung bahan kimia (Foto: Pixabay/ColiN00B)

Mengonsumsi brown sugar dipercaya lebih sehat. Tidak ada bahan kimia yang terkandung pada brown sugar. Karena tidak menggunakan bahan kimia, warna brown sugar tetap cokelat alami.

Baca juga:

Ancaman Gangguan Kesehatan di Balik Bubble Tea

4. Mengandung mineral

Mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh (Foto: Pixabay/TheVirtualDenise)

Ternyata terdapat kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan potassium di dalam satu sendok teh brown sugar. Kandungan ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Konsumsi brown sugar saat masa kehamilan juga akan mengurangi resiko terserang anemia.

5. Mengurangi nyeri haid

Dapat mengurangi rasa nyeri (Foto: Pixabay/silviarita)

Potasium di dalam brown sugar berguna untuk mengurangi nyeri haid. Selain itu, kandungan ini juga mampu membuat otot di sekujur tubuh menjadi rileks. Cocok diminum dengan air hangat atau dicampur dengan berbagai minuman kesukaanmu.

Selamat mencoba! (mar)

Baca juga:

Intip Nih Cara Pembuatan Menu Andalan Xing Fu Tang


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH