Bromance Bukan Gay, Tonton Ulang ‘Lord of the Ring’ Deh! Bromance. (Foto: Pixabay)

INI salah satu perbedaan persahabatan sesama pria dengan persahabatan sesama wanita. Ketika wanita memeluk sahabat wanitanya yang sedang bersedih, orang menganggapnya wajar.

Namun, saat seorang pria memeluk sahabat prianya yang tengah berduka, berbagai prasangka pun bermunculan. Mereka pasangan gay atau bromance?

Apesnya, tidak semua sudah bisa membedakan makna bromance dengan gay. Faktanya, bromance beda dengan gay.

Bromance berasal dari kata brother yang artinya saudara laki-laki, dan romance yang bermakna bersifat mesra. Istilah ini menunjukkan hubungan sesama pria yang amat dekat, tetapi bebas dari rasa cinta layaknya sepasang kekasih.

Agar lebih mudah ditangkap maknanya, bromance bisa digambarkan sebagai persahabatan antara dua pria.

Bromance dalam film

Untuk memudahkan menangkap makna bromance, Anda bisa menonton film ‘Holmes and Watson’, ‘Odd Couple’, ‘Friends’, bahkan ‘Lord of the Ring’.

Frodo and Sam
Bromance dalam film 'Lord of the Ring'. (Foto: fellowshipandfairydust)

Dalam film ‘Holmes and Watson’ Anda dapat melihat persahabatan antara Sherlock Holmes dan Watson. Watson digambarkan sebagai sahabat, asisten dan kadang-kadang flatmate Holmes.

‘Lord of the Ring’ bahkan menggambarkan bromance pada sosok yang bukan manusia, melainkan hobbit. Kedua pria itu adalah Frodo dan Sam.

Persahabatan dua pria ini tidak hanya muncul dalam film serius, tetapi juga pada film-film komedi seperti ‘Superbad’ dan ‘The Hangover’. Persahabatan dua pria dalam bromance kerap melibatkan emosi.

Saat mendukung sahabatnya, sang sahabat tidak ragu memeluk. Di tengah maraknya isu LGBT, bromance yang melakukan hal ini bisa diasumsikan sebagai gay oleh orang lain. Jadi, jangan asal memeluk sahabat pria ya, guys! Bisa-bisa Anda disangka gay. (*)

Baca juga artikel Potret Persahabatan Aura Kasih dan Vicky Shu.

Kredit : rina


Rina Garmina