Aksi Sosial
Bring Back Our Bottle, Langkah Awal #KerenTanpaNyampah The Body Shop Indonesia luncurkan program Bring Back Our Bottle 2.0. (foto: Dok The Body Shop Indonesia)

DENGAN destar cokelat melingkar di kepala, musisi Gede Robi tampil membawakan lagu Metamorfosis Kata saat peluncuran penyempurnaan program Bring Back Our Bottles (BBOB) 2.0, Selasa (14/9). Lagu yang mengambil semangat konsep Trikaya Parisudha itu serasa tepat dan pas dengan kampanye #KerenTanpaNyampah yang digaungkan kali ini. "Bumi sudah banyak memberi kepada kita. Ini saatnya kita berbuat sesuatu untuknya," kata vokalis band Navicula tersebut.

Menurut catatan yang dikeluarkan The National Plastic Action Partnership (NPAP), ada sekitar 4,8 juta ton per tahun sampah plastik di Indonesia tidak terkelola dengan baik. Sebanyak 48 persen sampah itu dibakar di ruang terbuka, tidak dikelola dengan layak di tempat pembuangan sampah resmi (13 persen), dan sisanya mencemari saluran air dan laut (9 persen). Sampah yang mencemari lingkungan itu, kata Robi, amat rentan masuk ke tubuh manusia dalam bentuk mikroplastik.

BACA JUGA:

Robi Navicula Gaungkan Pentingnya Pengelolaan Sampah Plastik

Didasari fakta yang mengkhawatirkan itu, The Body Shop Indonesia memperkuat komitmen terhadap isu lingkungan dengan mengajak masyarakat untuk #KerenTanpaNyampah sebagai bagian dari gaya hidup normal baru. Kampanye itu diwujudkan dalam peluncuran penyempurnaan program Bring Back Our Bottles (BBOB) 2.0 yang dibuat dengan konsep full circular economy. Selain itu, The Body Shop juga menghadirkan Refill Station The Body Shop dengan inovasi yang modern. Kedua program dengan ajakan #KerenTanpaNyampah itu diharapkan dapat menyelamatkan 2 juta sampah botol kemasan sehingga dapat mengurangi beban di tempat pembuangan sampah akhir (TPA).

refill station
The Body Shop Indonesia menghadirkan Refill Station untuk gaya hidup minim plastik. (foto: dok The Body Shop Indonesia)

"#KerenTanpaNyampah menjadi tema utama kami sebagai sebuah perusahaan yang sejak awal selalu menjalankan bisnis yang beretika dan selalu memasukkan faktor lingkungan dan sosial ke setiap kampanye yang dijalankan. Kami semakin menyadari untuk mengambil peran aktif dalam menjadi solusi atas isu polusi plastik," ujar Executive Chairperson & Owner The Body Shop Indonesia Suzy Hutomo dalam acara peluncuran yang digelar virtual tersebut.

Untuk itu, lanjutnya, The Body Shop Indonesia terus mengedukasi dan melakukan kolaborasi serta langkah-langkah inovatif untuk mengatasi isu sampah plastik dengan menghadirkan refill station dan penyempurnaan program Bring Back Our Bottles 2.0. Program BBOB pertama kali diluncurkan pada 2008 dan menjadi pionir untuk program pengembalian kemasan kosong kosmetik di Indonesia. The Body Shop Indonesia mengajak konsumen untuk mengembalikan kemasan kosong produk The Body Shop ke toko-toko terdekat untuk didaur ulang. Hasil pengolahan sampah bekas kemasan kosmetik itu kemudian digunakan untuk pemberdayaan masyarakat.

Hingga kini, lebih dari 9 juta kemasan yang kembali dari konsumen. Jumlah itu akan terus bertambah karena The Body Shop selalu mengedukasi konsumen untuk membawa kembali kemasan kosong yang sudah tidak digunakan.

soap dish
Soap dish, salah satu produk hasil daur ulang kemasan kosmetik The Body Shop. (foto: Dok The Body Shop Indonesia)

BBOB kali ini dilanjutkan dengan cakupan yang lebih luas lagi. Tidak sekadar aksi mengembalikan produk, tetapi juga mengedepankan inovasi dan terus menggalakkan konsep full circular economy. Plastik daur ulang dihadirkan kembali dalam barang yang dapat digunakan konsumen, seperti soap dish dan pocket mirror, dan di masa depan akan menjadi furnitur untuk kepentingan dan misi sosial. "Untuk saat ini, produk-produk daur ulang tersebut bisa didapatkan konsumen sebagai hadiah dalam setiap pembelian produk kami," jelas Suzy.

Pada peluncuran kampanye kali ini, selain Gede Robi, The Body Shop Indonesia juga menghadirkan aktor dan musisi Iqbaal Ramadhan. "“Generasi muda sekarang, khususnya gen-Z menurut saya sudah banyak yang mulai sadar akan pentingnya mengurangi konsumsi kemasan plastik sekali pakai. Mereka sudah banyak mendengar tentang konsep full circular economy," ujarnya pada kesempatan yang sama.

Ia juga mengajak anak muda untuk ikut ambil bagian dalam mengurangi sampah plastik dengan gaya hidup yang lebih sustainable dan ramah lingkungan. "Intinya ialah consume and manage your plastic waste responsibly," pesannya.

pocket mirror
Pocket mirror yang bisa didapatkan konsumen sebagai gift saat pembelian produk. (foto: Dok The Body Shop Indonesia)

Suzy mengatakan pihaknya menyadari konsumen merupakan pemangku kepentingan yang utama dalam program ini. Untuk itu, ia mengajak masyarakat, khususnya konsumen The Body Shop Indonesia, untuk mengembalikan kemasan kosong produk The Body Shop dan brand kosmetik lainnya ke gerai The Body Shop supaya siklus #KerenTanpaNyampah ini dapat terus bergulir. "Kami juga mengundang masyarakat agar mulai melakukan isi ulang produk kecantikan di Refill Station The Body Shop serta mengembalikan kemasan kosong produk The Body Shop sebagai gaya hidup baru yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, dalam kampanye ini, kami juga mengajak pelanggan untuk ikut berdonasi melalui kasir dan online channel kami untuk mendukung program edukasi lingkungan yang akan dijalankan oleh Yayasan Kopernik, Ecoton, dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) sebagai impact partners,” tutup Suzy.(dwi)

BACA JUGA:

Tiga Jenis Terapi Air dan Manfaatnya

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mercedes Tarik 1 Juta Lebih Kendaraannya
Fun
Mercedes Tarik 1 Juta Lebih Kendaraannya

Produsen mobil mewah itu mengatakan, tidak mengetahui tentang adanya kerusakan material.

Kompaknya Jurnalis Indonesia Bantu Rekan Terimbas COVID-19
Fun
Kompaknya Jurnalis Indonesia Bantu Rekan Terimbas COVID-19

Jurnalis Indonesia tetap semangat memberikan bantuan walau di masa sulit.

Seru, Belanja Daring Bisa Sambil Melihat Fashion Show
Fashion
Seru, Belanja Daring Bisa Sambil Melihat Fashion Show

Program fashion show ini menampilkan brand fashion yang dijual secara daring.

Band Metal Kreator Merilis Produk Kopi
ShowBiz
Band Metal Kreator Merilis Produk Kopi

Kopi Black Sunrise, produk dari band metal asal Jerman Kreator.

Sepatu Terbaru dari Nike, Bisa Dipakai Tanpa Bantuan Tangan
Fashion
Sepatu Terbaru dari Nike, Bisa Dipakai Tanpa Bantuan Tangan

Mengutamakan aksesibilitas lebih mudah demi memenuhi kebutuhan orang dengan disabilitas.

Mengenal Kumbang Terkuat di Bumi, Enggak Mempan Dilindas Mobil
Fun
Mengenal Kumbang Terkuat di Bumi, Enggak Mempan Dilindas Mobil

Seekor kumbang diduga memiliki 'baju besi alami' karena tidak mati saat diuji coba dilindas dengan mobil

Jangan Asal Lakukan, Simak 5 Efek Samping Diet Keto
Fun
Jangan Asal Lakukan, Simak 5 Efek Samping Diet Keto

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menjalani diet keto.

Ternyata 4 Bintang Hollywood ini Fobia Terbang
ShowBiz
Ternyata 4 Bintang Hollywood ini Fobia Terbang

Sederet selebritas Hollywood yang fobia saat menaiki pesawat terbang.

‘DOTA’ hingga ‘Mariposa’, Rekomendasi Tayangan Maret di Netflix
Fun
‘DOTA’ hingga ‘Mariposa’, Rekomendasi Tayangan Maret di Netflix

Pastikan kamu punya waktu luang untuk menonton tayangan seru ini.

Sejak Rilis, Akhirnya LINE Punya Tampilan Baru
Fun
Sejak Rilis, Akhirnya LINE Punya Tampilan Baru

Sejak pertama kali rilis hampir 10 tahun lalu, LINE memang tak pernah mengubah tampilannya.