Brimob dan Kopassus Diterjunkan Kejar KKB Pembantai Pekerja Trans Papua

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 11 Desember 2018
Brimob dan Kopassus Diterjunkan Kejar KKB Pembantai Pekerja Trans Papua
Pasukan Kopassus sedang unjuk kebolehan beladiri. (imgrum)

Merahputih.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto mengakui baik TNI maupun Polri memberikan bantuan berupa pasukan khusus untuk mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga, Papua yang membantai pekerja jalan dan jembatan Trans Papua serta seorang anggota TNI AD Sertu Handoko beberapa waktu lalu.

"Memang ada berita simpang siur tentang jumlah pasukan. Saya sampaikan bahwa memang ada satuan bantuan non organik, tidak hanya organik pasukan Brimob dan TNI di Papua dikerahkan. Tapi kita datangkan dari pasukan non organik dari luar Papua apakah itu Brimob maupun Kopassus," kata Wiranto usai menggelar Rapat Koordinasi tentang penyelesaian permasalahan Papua, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/12).

Hadir dalam rapat koordinasi itu, antara lain, perwakilan Polri, perwakilan TNI dan Kementerian Luar Negeri. Selain itu, operasi pengejaran kepada KKB Nduga masih terus dilakukan oleh Satgas terpadu TNI dan Polri.

Wiranto menegaskan bahwa pelibatan Brimob dan Kopassus sangat dibutuhkan. Mengingat medan di pegunungan papua yang sangat sulit sehingga butuh personil yang terlatih.

Pasukan Kopassus
Anggota Kopassus sedang berbaris (Foto: tni.ad.mil.id)

Selain itu, Wiranto juga menjawab dengan tegas bahwa pemerintah tidak akan akan berdiskusi dengan KKB. "Saya tidak akan berdiskusi dengan kriminal, mereka klaim apa saja nggak saya jawab gak benar, itu pasti," ucap Wiranto dikutip Antara.

Menurut Wiranto, mereka melakukan suatu propaganda membuat masyarakat resah dan masyarakat ketakutan.

"Untuk apa saya jawab. Yang penting negara tetap punya kewajiban melindungi segenap tumpah darah dan warga negaranya. Mereka klaim biarin aja, klaim apapun jelas mereka kriminal melakukan kejahatan di luar batas kemanusiaan, harus kita lawan," tegas Wiranto. (*)

#Kopassus #Brimob #Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)
Bagikan
Bagikan