Brilian! Insinyur Tunanetra ini Ciptakan Tongkat Berbasis Google Maps Sebagai penyandang tuna netra, Kursat Ceylan paham apa yang diinginkan orang dengan Tuna Netra (Sumber: We Walk)
ERA digital membuat kehidupan lebih mudah. Beberapa produk telah diciptakan melalui teknologi, mulai dari telepon pintar hingga TV pintar. Kekuatan teknologi selalu membuat kagum. Begitu banyak kreasi teknologi didedikasikan untuk hiburan, tetapi begitu sedikit yang berkontribusi untuk kesejahteraan manusia, terutama bagi penyandang disabilitas.
Namun, penemuan untuk alat bantu mereka kini mulai bermunculan. Sebuah penemuan teknologi terbaru dikembangkan untuk mereka yang tunanetra. Baru-baru ini, sebuah tongkat pintar bernama We Walk diperkenalkan. Dengan memanfaatkan Google Maps, tongkat berbasis teknologi tersebut membantu orang buta menavigasi lingkungan mereka. Perjalanan pun lebih efisien ketika mereka sendirian.
Tongkat Tuna Netra
Tongkat canggih keluaran We Walk (Sumber: We Walk)

Yang membuat tongkat tersebut terasa istimewa ialah karena diciptakan oleh seorang insinyur tunanetra bernama Kursat Ceylan. Ia merupakan CEO dan salah satu pendiri Young Guru Academy (YGA), lembaga nirlaba Turki di belakang We Walk. Sebagai seseorang tunanetra, Ceylan tahu secara langsung tantangan apa yang dihadapi orang-orang seperti dia. Ia pun memutuskan untuk mengaplikasikan ilmunya untuk menciptakan sesuatu yang dapat meningkatkan kehidupan orang.

Tongkat tuna netra canggih
Insinyur tunanetra Kursat Ceylan dan penemuannya (Sumber: We Walk)
“Beberapa waktu belakangan kita berbicara tentang mobil terbang, tetapi orang-orang dengan tuna netra masih menggunakan tongkat biasa. Sebagai orang buta, ketika saya berada di stasiun, saya tidak tahu jalan keluar, saya tidak tahu bus mana yang datang, atau toko mana yang ada di sekitar saya. Informasi semacam itu dapat diberikan dengan We Walk, ”urainya menjelaskan asal muasal dirinya tergerak menghadirkan We Walk.
Tongkat Tuna Netra
Tuna Netra kini bisa menyebrang dengan aman (Sumber: We Walk)
Tongkat canggih tersebut dilengkapi speaker built-in, asisten suara, Google, dan sensor yang mengirim getaran untuk memperingatkan tentang hambatan di atas tingkat dada.
Tongkat canggih
Tongkat tuna netra canggih ini bisa dikoneksikan ke komputer (Sumber: We Walk)
Tongkat pintar tersebut dibanderol dengan harga US$500 dan bisa dibeli di situs web perusahaan.
Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH