Brigjen Endar Menghadap Kapolri Usai Dicopot Firli Bahuri

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 04 April 2023
Brigjen Endar Menghadap Kapolri Usai Dicopot Firli Bahuri
Direktur Penyelidikan KPK, Brigjen Endar Priantoro. (Foto: MP/Ponco)

MerahPutih.com - Setelah dicopot Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri Cs dari jabatan Direktur Penyelidikan KPK, Brigjen Endar Priantoro sudah menemui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Tentunya sudah menghadap ke beliau (Kapolri)," kata Endar di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Jakarta, Selasa (4/4).

Baca Juga:

Brigjen Endar Laporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK

Endar mengungkapkan, pada tanggal 31 Maret 2023, ia diminta menemui Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Sekjen KPK, Kabiro Hukum KPK dan Kabiro SDM.

"Saya diminta menghadap, saya ditunjukkan SK pemberhentian pertama kali dan penghadapan, ya setelah itu saya melaporkan (ke Kapolri)," ungkapnya.

Jenderal bintang satu itu mengaku bingung lantaran dirinya juga telah memegang surat dari Kapolri tertanggal 29 Maret 2023 yang memerintahkan perpanjangan penugasan sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Baca Juga:

Polri Pastikan Endar Priantoro Masih Bertugas di KPK

Atas dasar itu, Endar ingin menguji kebijakan pimpinan KPK yang menerbitkan surat keputusan perihal pemberhentian dengan hormat dan penghadapan ke institusi Polri ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

"Saya hari ini memang sengaja datang ke Dewan Pengawas KPK, yang pertama tujuannya adalah untuk membuat aduan atas dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Sekjen KPK dan salah satu pimpinan KPK," ujarnya.

Sebelumnya, pimpinan KPK memberhentikan dengan hormat Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro lantaran masa penugasannya telah habis per 31 Maret 2023.

KPK tidak memperpanjang masa penugasan Endar sebagaimana permintaan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. KPK telah menunjuk jaksa Ronald Ferdinand Worotikan untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Penyelidikan KPK. (Pon)

Baca Juga:

Buntut Pencopotan Brigjen Endar, Ketua KPK Firli Dilaporkan ke Dewas

#Kapolri Listyo #Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo #KPK #Firli Bahuri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan