BPOM Telah Keluarkan Izin Penggunaan Darurat 2 Vaksin COVID-19 Sekali Suntik Vaksinasi COVID-19. (Foto: Sekretariat Presiden))

MerahPutih.com - Setelah mengeluarkan pengunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap tujuh produk vaksin COVID-19, yaitu CoronaVac (Sinovac), COVID-19 Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Comirnaty (Pfizer and BioNTech), dan Vaksin Sputnik-V, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menerbitkan izin lagi bagi 2 vaksin COVID-19.

BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat bagi dua produk vaksin COVID-19, yakni Janssen dan Convidecia di Indonesia. Vaksin tersebut diberikan sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 ml secara intramuscular.

"Penambahan kedua jenis vaksin COVID-19 ini diharapkan dapat semakin membantu upaya pemerintah dalam mengejar peningkatan cakupan vaksinasi untuk segera mencapai herd immunity," kata Kepala BPOM RI Penny K Lukito di Jakarta, Selasa (7/9).

Baca Juga:

Jokowi dan Kapolri Awasi Langsung Vaksinasi di Pesantren Seluruh Indonesia

Penny mengatakan, kedua vaksin ini juga sama-sama memerlukan kondisi penyimpanan pada suhu khusus, yaitu 2-8 derajat Celsius. Khusus Janssen COVID-19 Vaccine dapat juga disimpan pada suhu minus 20 derajat Celsius.

Janssen COVID-19 Vaccine adalah vaksin yang dikembangkan oleh Janssen Pharmaceutical Companies dengan platform non-replicating viral vector menggunakan vector Adenovirus (Ad26). Vaksin tersebut diproduksi di beberapa fasilitas produksi, antara lain di Grand River USA, Aspen South Africa, dan Catalent Indiana, USA.

Sementara di Indonesia, kata dia, vaksin ini didaftarkan oleh PT Integrated Health Indonesia (IHI) sebagai pemegang EUA dan bertanggung jawab untuk penjaminan keamanan, khasiat, dan mutu vaksin.

Untuk vaksin Convidecia, merupakan vaksin yang dikembangkan oleh CanSino Biological Inc dan Beijing Institute of Biotechnology menggunakan vector Adenovirus (Ad5). Vaksin Convidencia didaftarkan oleh PT Bio Farma sebagai pemegang izin EUA yang akan bertanggung jawab untuk penjaminan keamanan, khasiat, dan mutu vaksin ini di Indonesia.

Sebagaimana proses penerbitan EUA pada vaksin COVID-19 sebelumnya, kedua jenis vaksin terbaru di Indonesia itu juga telah melalui pengajian yang intensif terhadap keamanan, khasiat, dan juga mutu.

Ia menegaskan, Badan POM selalu berkolaborasi bersama para pakar dalam memastikan pemenuhan standar keamanan, khasiat, dan mutu vaksin.

"Kami melibatkan para pakar di bidang farmakologi, imunologi, klinisi, apoteker, epidemiologi, virologi, dan biomedik yang tergabung dalam tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin COVID-19, Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), serta asosiasi klinisi terkait,” kata Penny.

Vaksinasi
Vaksinasi. (Foto: Humas Kota Bandung)

Berdasarkan hasil kajian sisi keamanan, kata Penny, secara umum pemberian kedua vaksin tersebut dapat ditoleransi dengan baik. Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) dari pemberian Vaksin Convidecia menunjukkan reaksi ringan hingga sedang seperti nyeri, kemerahan dan pembengkakan serta KIPI sistemik yang umum terjadi adalah sakit kepala, rasa lelah (fatique), nyeri otot (myalgia), mengantuk, mual (nausea), muntah, demam (pyrexia), dan diare.

Dalam hal efikasi berdasarkan data studi klinik fase 3 pada 28 hari setelah pelaksanaan vaksinasi, kata Penny, efikasi Janssen COVID-19 Vaccine untuk mencegah semua gejala COVID-19 adalah sebesar 67,2 persen dan efikasi untuk mencegah gejala COVID-19 sedang hingga berat pada subjek di atas 18 tahun adalah sebesar 66,1 persen.

"Sementara untuk vaksin Convidecia, efikasi vaksin untuk perlindungan pada semua gejala COVID-19 adalah sebesar 65,3 persen dan untuk perlindungan terhadap kasus COVID-19 berat adalah 90,1 persen," katanya. (Knu)

Baca Juga:

Pemprov DKI Tambah Tempat Vaksinasi Moderna dan Pfizer, Ini Lokasinya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Xi Jinping Hubungi Biden Lagi
Dunia
Xi Jinping Hubungi Biden Lagi

Biden setuju untuk tetap menjaga komunikasi dan kerja sama dengan China.

Megawati Dukung BRICS Bikin Bank Pembangunan
Indonesia
Megawati Dukung BRICS Bikin Bank Pembangunan

Konsepsi tata dunia baru yang berkeadilan harus terus diperjuangkan.

Azis Syamsuddin Bakal Jadi Saksi Sidang Suap Eks Penyidik KPK AKP Robin
Indonesia
Azis Syamsuddin Bakal Jadi Saksi Sidang Suap Eks Penyidik KPK AKP Robin

"Informasi yang kami terima, benar saksi yang dipanggil hari ini antara lain M. Azis Syamsudin," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri

 Bonek-Bonita Kumpulkan Uang Jual Tiket Buat Bonus Pemain
Indonesia
Bonek-Bonita Kumpulkan Uang Jual Tiket Buat Bonus Pemain

Bonek – Bonita menggalakkan gerakan membeli tiket pertandingan Persebaya secara online tanpa perlu mendatangi stadion.

KPU Sebut Masa Kampanye Pemilu Bisa Dipersingkat Jadi 3 Bulan
Indonesia
KPU Sebut Masa Kampanye Pemilu Bisa Dipersingkat Jadi 3 Bulan

Ketua KPU Ilham Saputra menuturkan, masa kampanye bisa dipersingkat menjadi 90 hari atau 3 bulan. Namun, hal itu bisa dilakukan tergantung kesiapan pemerintah dalam menyediakan logistik pemilu.

Diperkirakan Tiga Hari Lagi Rangkaian Terakhir LRT Jabodebek Tiba di Jakarta
Indonesia
Diperkirakan Tiga Hari Lagi Rangkaian Terakhir LRT Jabodebek Tiba di Jakarta

Insya Allah kalau tidak ada halangan, mungkin bisa dilakukan pada Agustus 2022

KTT ASEAN Dilangsungkan Tanpa Kehadiran Myanmar
Indonesia
KTT ASEAN Dilangsungkan Tanpa Kehadiran Myanmar

Konferensi tingkat tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara mulai berlangsung pada Selasa (26/10), secara virtual.

Gibran Gelar PTM 100 Persen Jika Vaksinasi Dosis Pertama Anak 6-11 Tahun Selesai
Indonesia
Pemprov DKI Tegaskan tidak Pernah Tutup dan Larang Citayam Fashion Week
Indonesia
Pemprov DKI Tegaskan tidak Pernah Tutup dan Larang Citayam Fashion Week

Pemprov DKI tidak akan pernah menutup atau melarang kegiatan Citayam Fashion Week meskipun mendapatkan protes dari masyarakat

Pedagang Tahu-Tempe DIY Terpaksa Siasati Harga Kedelai Meroket
Indonesia
Pedagang Tahu-Tempe DIY Terpaksa Siasati Harga Kedelai Meroket

Harga kedelai di sebagian daerah di Indonesia masih tinggi, termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).