BPOM Surabaya Musnahkan Obat Ilegal Senilai 5 Miliar BPOM Surabaya musnahkan barang ilegar hasil penyitaan selama 2017. (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Surabaya memusnahkan ratusan obat-obatan dan kosmetik ilegal. Benda tersebut adalah hasil dari penyitaan sejak awal 2017 yang jika dirupiahkan mencapai 5 miliar.

"Jumlahnya cukup fantastis jika dirupiahkan. Alangkah bahayanya jika sampai beredar dan dipakai masyarakat," kata kepala BBPOM Surabaya Hardaningsih usai pemusnahan di Gedung Balai Besar POM Surabaya, Rabu (4/10).

Ia melanjutkan, sebagian besar barang yang dimusnahkan adalah produk tidak terdaftar seperti obat tradisional, kosmetik ilegal dan kosmetik mengandung bahan berbahaya, termasuk obat kuat ilegal.

Waktu yang sama, wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengaku terkejut dengan melihat jumlah barang bukti yang akan dimusnahkan tersebut.

"Kalau banyak temuan, berarti masih banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab menjual barang bahaya demi meraup keuntungan." ujarnya yang ikut hadir dalam acara tersebut.

Oleh sebab itu, ia pun berharap agar Balai Besar POM bisa bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk saling berkoordinasi dalam pemberantasan peredaran obat berbahaya.

"Makanya kita melakukan pertemuan yang juga melibatkan BNN dan polri dan Dinas Pendidikan. Artinya bukan hanya obat alat kosmetik dan obat ilegal. Tetapi obat bahaya dan terlarang yang dijadikan pengganti narkoba juga harus diberantas." tegasnya.

Saifullah Yusuf menjelaskan, perlunya menggandeng dinas pendidikan dikarenakan obar terlarang sejenis Pil PCC, parasetamol dan lainnya banyak dimanfaatkan oleh para siswa. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya di: Tembak Mati Dua Rampok, Anggota Pasukan Katak Dapat Penghargan Polisi



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH