BPOM Segera Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin COVID-19 Pfizer

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 13 Juli 2021
BPOM Segera Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin COVID-19 Pfizer
Ilustrasi vaksin COVID-19 Pfizer. Foto: Istimewa

Merahputih.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan mengeluarkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk vaksin Pfizer dalam waktu dekat.

"Dalam waktu dekat juga akan sedang berproses (EUA) vaksin Pfizer," ujar Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/7).

Baca Juga

Kabar Baik bagi Busui, Antibodi dari Vaksin COVID-19 Ditemukan di ASI

Saat ini ada enam fasilitas yang memproduksi vaksin Pfizer. Sehingga BPOM akan memberikan EUA kepada produsen vaksin Pfizer yang lebih dulu memberikan data klinis secara lengkap.

"Data yang lengkap sudah ada di 2/3 produksi, sehingga dalam waktu secepatnya akan lebih dulu yang sudah lengkap data mutunya," tuturnya.

Pfizer akan menjadi vaksin keenam yang mendapatkan izin penggunaan di Indonesia. Setelah terakhir vaksin Moderna yang telah mendapatkan izin pada 2 juli 2021 lalu.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperlihatkan vaksin COVID-19 AstraZeneca. (ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperlihatkan vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.)

"(Pfizer) menambah pada 5 yang saat ini sudah diberikan emergency use authorization. Moderna ya yang terakhir yang tadi sudah disampaikan oleh Bapak Menteri Kesehatan penggunaannya," kata Penny.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa vaksin COVID-19 Pfizer bakal mendarat di Indonesia pada Agustus 2021 mendatang. Kedatangan Pfizer ini membuat vaksin COVID-19 yang tiba di Indonesia semakin banyak.

Baca Juga

Menkes Tegaskan Orang yang Sudah Divaksin Tak Kebal 100 Persen Kayak Superman

"Bulan Agustus nanti akan masuk dari Pfizer sehingga jumlah vaksin yang masuk di semester kedua tahun ini akan menjadi semakin banyak," ucapnya beberapa waktu lalu.

Ia menargetkan vaksin Pfizer bisa tiba di Indonesia dan disuntikkan ke masyarakat secara bertahap mulai Agustus 2021. "Pfizer kontraknya baru ditandatangani. Mudah-mudahan di akhir Agustus sudah mulai jalan," ujar Menkes Budi. (Knu)

#COVID-19 #Kasus Covid #Kalung Covid #Obat Covid #Vaksin Covid-19
Bagikan
Bagikan