BPN Ingatkan Perwakilan RI di Luar Negeri Jaga Kesucian Pesta Demokrasi

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 16 April 2019
BPN Ingatkan Perwakilan RI di Luar Negeri Jaga Kesucian Pesta Demokrasi
Suasana pemungutan suara di TPS KJRI San Francisco, Amerika Serikat, Sabtu (13/4/2019). (KJRI San Francisco)

MerahPutih.com - Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ahmad Muzani meminta penyelenggara Pemilu mengusut tuntas dugaan pelanggaran tercoblosnya surat suara untuk salah satu paslon dan caleg DPR RI di Malaysia. Pembiaran terhadap pelanggaran pemilu dinilai bisa mencoreng kualitas demokrasi.

"Kami meminta kecurangan yang tampak nyata dilakukan diusut secara tuntas. Seperti halnya kasus di Malaysia kami minta diusut secara transparan. Tentu ini mencoreng demokrasi kita. Hal itu talah melukai hati kita semua," kata Muzani di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, kemarin

Dalam kesempatan itu, Muzani juga meminta seluruh perwakilan pemerintah Indonesia memenuhi hak konstitusi warga negara yang berada di luar negeri.

TPS Ankara
Suasana pemungutan suara di TPSLN Ankara, Sabtu (13/4/2019). (KBRI Ankara)

Menurut dia, saat ini masih terdapat hak konstitusi WNI yang diabaikan oleh perwakilan pemerintah di luar negeri. Panitia Pemilian Luar Negeri (PPLN) tampak tidak siap dengan membludaknya partisipasi warga negara Indonesia yang berada di luar negeri.

Di Hong Kong, Saudi Arabia, Malaysia mislanya, untuk mengurus C6 sebagai kartu untuk mendapatkan hak pilih memakan waktu cukup lama. Rata-rata 10 menit. Sehingga orang menggunakan hak pilihnya sampai berjam-jam. Bahkan sampai kartu C6-nya habis.

BACA JUGA:

Video Viral Surat Suara Tercoblos dinilai Sarat Kejanggalan dan Keanehan

Viral Video Surat Suara Tercoblos 01 di Malaysia

"Akibatnya banyak WNI yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya padahal dia telah mengantri cukup lama. Ini menunjukkan negara melalui PPLN tidak bisa memfasilitasi warga negara dalam menggunakan hak politiknya," kata Sekjen partai Gerindra ini.

Muzani mengatakan peristiwa ini suatu ironi. Di satu sisi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus menerus berkampanye agar masyarakat menggunakan hak pilihnya. Sementara di sisi lain warga negara yang akan menggunakan hak pilihnya di luar negeri justru tidak mendapatkan pelayanan maksimal.

BACA JUGA:

WNI di Australia Minta Pemilu Diulang, KPU Berdalih Ricuh Cuma di Sydney

TPS Sydney Ricuh, KPU Dituntut Profesional Kawal Hak Suara

Dalam kesempatan itu, Muzani juga meminta perwakilan pemerintah Indonesia di luar negeri untuk menjaga dan mengamankan kotak-kotak berisi surat suara yang telah dicoblos masyarakat. Sehingga, saat hari penghitungan nanti, suara yang berada di dalam kotak masih sama dengan apa yang telah dipilih masyarakat.

"Ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap demokrasi, untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara demokrasi baik di Indonesia maupun di luar negeri," tutup Muzani. (Pon)

#Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan