BPJT Rekomendasikan Anies Permanenkan Ganjil-genap Ilustrasi ganjil genap (ANTARA//Aprillio Akbar)

Merahputih.com - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mempermanenkan kebijakan ganjil-Genap. Ia menilai perluasan ganjil-genap efektif mengurangi volume kemacetan di sejumlah ruas di Ibu Kota.

"BPTJ akan merekomendasikan (perluasan jalur ganjil-genap) untuk dilanjutkan," ujar Bambang saat dihubungi wartawan, pada Jumat (14/9).

BPJT sendiri akan segera mengkomunikasikan rekomendasi agar Ganjil-ganjil dipermanenkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sebab, Anies berulang kali mengatakan belum bisa memastikan apakah kebijakan gage akan dipermanenkan atau hanya sampai perhelatan Asian Para Games pada 13 Oktober 2018 mendatang.

"Itu tugas BPTJ untuk melakukan komunikasi ke semua stakeholder," ujarnya.

Aturan Ganjil-Genap

Menurut dia, selama penerapan ganjil-genap (gage) ini kebijakannya dianggap sukses mengurangi kemacaten di DKI. Dimana jumlah kendaraan berkurang, sehingga membuat kecepatan laju kendaraan meningkat. Kemudian dengan adanya gage, ternyata memaksa masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi masa umum.

Hal tersebut terlihat dari adanya penambahan jumlah bus Transjakarta untuk melayani pengguna.

"Ya kita evaluasi, terus kita lanjutkan. Nanti kita evaluasi ya. Itu adalah hasil evaluasi kemenhub. Kemenhub punya kebijakan di bidang transportasi," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH