BPIP Sebut Tanpa Pancasila Konflik Antar Suku dan Agama Berpotensi Terjadi di Indonesia Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo. Foto: MP/Istimewa

MerahPutih.com - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Romo Benny Susetyo menegaskan, nilai-nilai Pancasila adalah satu-satunya cara untuk mencari solusi penyelesaian konflik di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia yang berpenduduk majemuk mulai dari suku, budaya, dan agama yang tersebar di berbagai wilayah tidak menutup kemungkinan menjadi sebuah potensi konflik.

Meskipun demikian diperlukannya kearifan dan kedewasaan untuk memelihara keseimbangan antar kepentingan kelompok dan kepentingan Nasional.

Baca Juga

Cuma 31 Persen Publik Tahu Soal Omnibus Law UU Cipta Kerja

"Hubungan antar agama adalah keadaan hubungan umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai dalam pengamalan dalam berkehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara", ucapnya saat menjadi Narasumber pada diskusi kelompk terpumpun Advokasi Moderasi dan Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Minahasa Utara Sulawesi Utara Jum'at (16/10).

Dirinya menyebut penyelesaian konflik dalam mencari solusi dalam butir-burir Pancasila bisa dilakukan dengan mengedepankan nilai sila ke 4 yakni Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

"Salah satu solusi penyelesaian konflik yaitu dengan mengedepankan nilai silanke 4", tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Pelaksana Tugas Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi DR. Ani Purwanti, SH., M. Hum mengapresiasi dengan Provinsi Sulawesi Utara Khususnya Kabupaten Minahasa karena dinilai salah satu daerah sangat kondusif dalam kerukunan umat beragama.

"Keberhasilan Minahasa Utara dalam menyelesaikan konflik khususnya dengan pendirian rumah ibadah dan toleransi moderasi dan beragama sangat baik", ucapnya.

Dirinya bahkan ingin menampung ilmu dan mengadvokasi dalam penyelesaian potensi-potensi konflik yang kerap terjadi di wilauah lain.

"Kami BPIP ingin mendengarkan secara langsung gitu, cara mengatasi masalah di Minahasa, karena di wilayah lain cukup sulit diselesaikan kadang-kadang menimbulkan konflik yang berkepanjangan dan semakin meruncing", terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Uatara Jhonny A.A Suak. SE.MSi mengaku, pondasi kerukunan masyarakat di daerahnya adalah adanya Pancasila.

Ia menegaskan dengan adanya minoritas dan mayoritas umat beragama, merasa terlindungi dengan adanya Pancasila. Bahkan ia mengatakan jika tidak ada Pancasila Negara sudah bubar,

"Mungkin bagi minoritas itu, jika tidak ada Pancasila, sudah lama Daerah kita bahkan Negara bisa bubar, dengan diskriminasi dan paham-paham radikalisme", ucapnya.

Baca Juga

UU Cipta Kerja Masukan Amdal Bagian Izin Usaha

Dirinya juga berharap ada regulasi yang mengatur Pembinaan Ideologi Pancasila seperti UU BPIP. Karena bagaimanapun masyarakat sangat mendukung dengan UU tersebut.

"Sebenarnya kami mengharapkan segera ada regulasi yang mengatur PIP sehingga BPIP dan kemendagri dapat bekerjasama dan kesabangpol menjadi kaki tangan BPIP", tutupnya. (Knu)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pertemuan DPC PDIP Solo dan DPP  di Jakarta, Ini Hasilnya
Indonesia
Pertemuan DPC PDIP Solo dan DPP di Jakarta, Ini Hasilnya

Pertemuan secara tertutup tersebut dipimpin langsung Sekretaris Jenderal PPP PDIP (Sekjen) Hasto Kristiyanto.

Butuh Belasan Orang untuk Robohkan Sapi Kurban Milik Jokowi di Masjid Al-Wusto
Indonesia
Butuh Belasan Orang untuk Robohkan Sapi Kurban Milik Jokowi di Masjid Al-Wusto

Dikatakan Purwanto, butuh waktu 30 menit untuk menyembelih hewan kurban milik Jokowi.

RUU Cipta Kerja Bisa Benahi Sektor Perpajakan
Indonesia
RUU Cipta Kerja Bisa Benahi Sektor Perpajakan

"Kami berharap ini bisa cepat selesai dan mendapatkan persetujuan DPR sebelum akhir tahun. Ini akan menjadi basis baru di Indonesia, khususnya dalam iklim investasi," kata Suahasil.

[HOAKS atau FAKTA]:  Residivis yang Baru Keluar Merampok GTO Slipi
Indonesia
[HOAKS atau FAKTA]: Residivis yang Baru Keluar Merampok GTO Slipi

Sebilah celurit ditemukan petugas tol di Gerbang Tol Slipi 1

Pemprov DKI Belum Terima Surat Permintaan DPR untuk Sterilisasi Gedung
Indonesia
Pemprov DKI Belum Terima Surat Permintaan DPR untuk Sterilisasi Gedung

"Sampai saat ini belum dapet permintaan, informasi dari pak sekjen, disinfektan akan mandiri," kata Satriadi

Ahli Epidemiologi Beberkan Salah Satu Cara Memutus Mata Rantai Virus Corona
Indonesia
Hari Ini, DPRD DKI Jakarta Pilih Pendamping Anies Baswedan
Indonesia
Hari Ini, DPRD DKI Jakarta Pilih Pendamping Anies Baswedan

Namun, penetapan pengganti Sandiaga Uno itu dilakukan secara tertutup.

KPK Periksa Sederet Pejabat PT Dirgantara Indonesia
Indonesia
KPK Periksa Sederet Pejabat PT Dirgantara Indonesia

Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IRZ (Irzal Rinaldi Zailani).

Masuki Libur Panjang, Kasus Positif COVID-19 Tembus 400 Ribu
Indonesia
Masuki Libur Panjang, Kasus Positif COVID-19 Tembus 400 Ribu

Masyarakat diminta untuk menghabiskan waktu liburannya di rumah saja. Dan tidak perlu keluar rumah tanpa ada kepentingan yang mendesak.

Kasus Penyelundupan Harley dan Brompton, Garuda Didenda Rp100 Juta
Indonesia
Kasus Penyelundupan Harley dan Brompton, Garuda Didenda Rp100 Juta

Pemerintah denda Garuda sebesar Rp100 juta atas kasus penyelundupan Brompton dan Harley Davidson.