BPBD DKI Sebut Tanggul Raksasa Jadi Solusi Terkini Atasi Banjir Rob

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 29 Desember 2022
BPBD DKI Sebut Tanggul Raksasa Jadi Solusi Terkini Atasi Banjir Rob
Sejumlah pengendara menerobos banjir di kawasan Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10/2022). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.Sejumlah pengendara menerobos banjir di kawasan Pasar Wa

MerahPutih.com - Air laut masih akan masuk ke daratan pesisi Jakarta jika tanggul raksasa belum terbangun.

"Memang masih ada masuk rob ya karena pengaruh pasang air ya. Artinya tanggul menjadi salah satu solusi. Kalau itu belum selesai masih bisa masuk," Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Isnawa Adji, yang dikutip, Kamis (29/12).

Baca Juga:

Heru Budi Minta Warga DKI Waspada Banjir Rob akan Terjadi Sampai Penghujung Tahun 2022

Isnawa menuturkan, salah satu upaya penanganan banjir ROB ialah dengan membangun National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau tanggul raksasa di pesisir Jakarta.

Pembuatan tanggul raksasa ini menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hingga saat ini tanggul tersebut masih dalam proses pengerjaan.

"Kalau rob harus menyiapkan tanggul laut yang dikerjakan Kementerian PUPR, sekarang belum selesai tapi bisa ditanyakan ke SDA," ujar Isnawa.

Baca Juga:

Pantura Jawa Makin Terancam Banjir Rob

Namun begitu, mantan Wakil Wali Kota Jakarta Selatan ini mengakui untuk mencegah terjadinya banjir ROB, pembuatan tanggul merupakan salah satu solusi yang paling efektif.

"Tapi memang kalau rob itu salah satu upayanya adalah meneruskan pembuatan tanggul NCICD biar airnya tidak masuk ke permukiman," tutur Isnawa. (Asp)

Baca Juga:

8 RT di Jakarta Utara Terendam Banjir ROB

#Banjir Rob #BPBD DKI Jakarta #Pesisir Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan