BPBD Deli Serdang Ungkap Penyebab Banjir Bandang Sembahe

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 01 Mei 2023
BPBD Deli Serdang Ungkap Penyebab Banjir Bandang Sembahe
Tangkapan layar sebuah mobil terbawa air sungai dikarenakan terjadi banjir bandang di aliran Sungai Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, Minggu (30/4). (ANTARA/HO)

MerahPutih.com - Banjir bandang yang menerjang pemandian Sungai Sembahe di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, pada Minggu (30/4).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang mengungkapkan banjir bandang disebabkan karena curah hujan dengan intensitas tinggi di kawasan Kabupaten Karo.

Baca Juga

Warga Oku Sumsel Berlebaran di Tengah Banjir

"Ya benar ada banjir bandang, sekitar pukul 14:00 WIB atau 15:00 WIB. Penyebabnya karena intensitas hujan tinggi di daerah pegunungan, Kabupaten Karo," tutur Kepala BPBD Deli Serdang, Amos F Karo-karo di Medan, Minggu (30/4).

Ia mengatakan, banjir bandang yang terjadi di aliran Sungai Sembahe dan sekitarnya mencapai ketinggian 4 meter lebih dengan kategori waspada atau masuk level 4 atau siaga 3.

"Untuk korban jiwa maupun kerusakan rumah yang berada di kawasan aliran sungai sampai saat ini belum ada. Karena satu jam sebelum kejadian, sudah kami imbau dari awal kepada para pengurus objek wisata agar waspada," katanya.

Baca Juga

Suzuki Berikan Service Gratis untuk Korban Banjir

Sementara kondisi terkini, kata Amos, air mulai surat di jalan lintas Jamin Ginting walaupun belum dikategorikan normal. Untuk itu, perlu diperhatikan agar para pengendara berhati-hati untuk melintas kawasan tersebut.

BPBD Deli Serdang saat ini masih bersiaga di sekitar lokasi terdampak banjir bandang, dan juga mendirikan posko gabungan di kawasan Kecamatan Sibolangit.

Beredar sebuah video satu unit mobil yang diduga dikarenakan banjir bandang di aliran sungai Sembahe, Kecamatan Sibolangit. Masyarskat pun cukup histeris melihat bencana alam tersebut. (*)

Baca Juga

Banjir di Morowali Utara Belum Surut, 79 Keluarga Mengungsi

#Banjir Bandang
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan