Boy Rafli Resmi Berpangkat Komjen, Argo Yuwono Jabat Irjen

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 20 Mei 2020
Boy Rafli Resmi Berpangkat Komjen, Argo Yuwono Jabat Irjen
Kepala BNPT Irjen Pol Boy Rafli Amar. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc/aa.

MerahPutih.com - Mabes Polri menggelar upacara Korps Raport atau kenaikan pangkat terhadap 77 perwira tinggi (Pati) Polri di Ruang Pertemuan Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (20/5).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengungkapkan dalam Korps Raport kali ini ada tiga pati Polri yang tadinya mengemban Irjen diangkat sebagai Komjen atau jenderal bintang tiga.

Baca Juga

Boy Rafli Gandeng Pemuka Agama Cegah Penyebaran Paham Radikalisme

"Di antaranya Komjen Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT, Komjen Andap Budi Revianto selaku Inspektur Jenderal Kemenkumham dan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kabaintelkam Polri," kata Awi kepada wartawan, Rabu (20/5).

Sementara itu ada 26 personel Korps Bhayangkara yang dinaikan pangkatnya dari brigjen ke irjen. Mereka adalah AS SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Wahyudi Hidayat. Lalu, Kandesus 88 Polri Irjen Marthinus Hukom, Gubernur Akpol Irjen M. Asep Syahrudin.

Serta sepuluh Kapolda, yakni Kalimantan Utara, Bengkulu, Gorontalo, Bangka Belitung, Maluku Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Serta 16 jabatan Irjen lainnya di internal Polri.

Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis (kiri) memimpin upacara serah terima jabatan dan pelantikan sembilan kapolda di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (8-5-2020). Upacara dilakukan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan. ANTARA/HO-Humas Polri
Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis (kiri) memimpin upacara serah terima jabatan dan pelantikan sembilan kapolda di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (8-5-2020). Upacara dilakukan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan. ANTARA/HO-Humas Polri

Kemudian, untuk kenaikan pangkat dari jabatan Kombes ke brigjen ada 48 personel yang diangkat. Di antaranya adalah Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Suwondo Nainggolan.

Selanjutnya Direktur Tindak pidana Khusus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono dan Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Muharrom Riyadi.

Awi menambahkan acara kenaikan pangkat ini hanya dihadiri oleh pati Polri yang berdinas di DKI Jakarta. Sementara mereka yang didaerah akan mengikuti upacara melalui virtual. Mengingat, saat ini terjadi pandemi Covid-19 atau virus corona.

"Yang hadir upacara pejabat yang dinas di Jakarta saja, sementara yang berdinas di luar Jakarta mengikuti melalui virtual di tempat masing-masing," ujar Awi.

Pelantikan para jenderal itu, kata Awi, dilaksanakan sesuai dengan memperhatikan standar protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Misalnya, jaga jarak aman atau physical distancing.

Baca Juga

Dikritik IPW, Boy Rafli Jelaskan soal Penunjukkannya sebagai Kepala BNPT

"Pelaksanaan upacara tetap menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," ucap Awi.

Korps Raport ini sendiri merupakan kelanjutan dari Surat Telegram Rahasia (TR) yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis pada 1 Mei 2020 lalu. Antara lain, ST/1377/V/KEP/2020, ST/1378/V/KEP/2020, ST/1379/V/KEP/2020, ST/1380/V/KEP/2020, ST/1381/V/KEP/2020, ST/1382/V/KEP/2020, ST/1383/V/KEP/2020. (Knu)

#Irjen Pol. Boy Rafli Amar #Kombes (Pol) Raden Prabowo Argo Yuwono #Mabes Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan