Grooming

Botak Ternyata Butuh Perawatan Intens

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 10 Agustus 2022
Botak Ternyata Butuh Perawatan Intens
Tidak mudah merawat kepala botak. (Foto: Unsplash/Engin Akyurt)

SIAPA bilang tanpa rambut berarti kulit kepala tidak membutuhkan perawatan? Banyak pria memilih untuk mencukur habis rambutnya agar perawatan kulit kepala jadi mudah. Anggapan ini nyatanya salah.

Nyatanya berkepala botak tetap membutuhkan perawatan yang sangat intens. Biasanya perawatan yang dilakukan mengutamakan pada kesehatan kulit kepala. Menurut Byrdie, perawatan yang dilakukan bukan hanya saat sudah melakukan pencukuran rambut, tetapi juga sebelumnya.

Baca Juga:

Les' Copaque Production Ungkap Alasan Upin dan Ipin Botak

Sebelum mencukur rambut secara keseluruhan, sebaiknya potong rambut menjadi lebih pendek terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan pisau cukur tetap dekat dengan kulit untuk menghasilkan potongan yang merata.

Merawat kepala botak harus dilakukan intens. (Foto: Unsplash/Chalo Garcia)

Kemudian, siapkan handuk yang panas di atas kepala untuk membuka pori-pori. Terakhir, oleskan minyak sebelum bercukur sebagai perlindungan ekstra pada kulitmu. Bukan hanya itu, pemilihan pisau cukur juga sangat berpengaruh untuk mengurangi iritasi pada kulit.

Bagi yang memiliki rambut lurus sebaiknya gunakan pisau cukur dengan tiga mata pisau. Sedangkan, untuk yang memiliki tekstur rambut kasar, keriting dan kulit sensitif, sebaiknya gunakan pisau cukur tunggal. Jangan lupa kenakan krim cukur dan cermin ekstra agar rambut menjadi lembut dan mencapai pencukuran yang dekat.

Baca Juga:

Gordon Cormier, Pemeran Aang di Avatar sudah Siap Botak

Setelah rambut tidak tersisa, kamu membutuhkan perawatan pasca bercukur. Dengan melakukan penyegaran pada kulit kepala, gunakan handuk dingin kemudian oleskan pelembap atau minyak jojoba untuk menenangkan dan mengondisikan kulit kepala.

Jika kamu baru pertama kali cukur dan memiliki kulit yang sensitif, gunakan gel lidah buaya untuk mencegah iritasi atau luka akibat pisau cukur. Lidah buaya juga bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Gunakan tabir surya pada kepala botak. (Foto: Unsplash/Amir Zolfaqari)

Sedangkan untuk perawatan selanjutnya, kamu tetap memerlukan sampo walau tidak ada lagi rambut di kepalamu. Sebab kotoran dan minyak masih dapat menumpuk di kulit kepala. Selain itu, jika kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, jangan lupa gunakan tabir surya karena pada dasarnya kulit kepala hampir sama dengan bagian kulit lainnya.

Bukan hanya itu, jika kamu sedang memanjakan kulit bagian wajah dengan menggunakan masker, kamu juga dapat mengoleskan masker tersebut pada bagian kulit kepala. Bahkan, tidak ada salahnya kamu melakukan scrub untuk menjaga kulit kepala tetap kencang. (nbl)

Baca Juga:

Tiga Film Marvel Ini Ada Kaitannya dengan 'Shang-Chi'

#Grooming
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan