Kuliner

Bosan dengan Sate Kambing? Yuk, Buat Tengkleng Kambing Khas Solo

annehsannehs - Minggu, 02 Agustus 2020
Bosan dengan Sate Kambing? Yuk, Buat Tengkleng Kambing Khas Solo
ilustrasi tengkleng Solo Rica Pak Manto. (Foto Traveloka)

HARI Raya Idul Adha merupakan saat yang paling tepat untuk berbagi dan bersilaturahim dengan sesama. Meski begitu, pandemi COVID-19 membuat pelaksanaan kurban Idul Adha tidak semeriah biasanya. World Health Organization (WHO) mengimbau perayaan Idul Adha harus tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19, termasuk dalam pengolahan daging kurban.

Sebagian orang bahkan mengurangi jumlah hewan kurban yang dipotong hingga setengahnya. Sebagai contoh Masjid Salman ITB, Bandung. Hewan kurban yang tidak dipotong akan disumbangkan dalam bentuk hewan hidup.

View this post on Instagram

A post shared by JAKARTA FOOD & DESTINATION ???? (@jktfooddestination) on

Untuk memaksimalkan daging kurban, kamu pastilah ingin menawarkan hidangan terbaik untuk keluarga. Jika bosan dengan hidangan-hidangan daging kurban yang umum seperti sate kambing, yuk intip resep tengkleng kambing khas Solo. Pas jadi teman makan bersama keluarga.

BACA JUGA:

Wew, TikTok Dikabarkan Akan Diakuisisi Microsoft

Pertama-tama, bahan yang dibutuhkan ialah 100 gram daging kambing muda dan 200 gram iga kambing. Kemudian, siapkan 100 gram jeroan kambing jika keluargamu menyukainya dan potong sesuai selera. Cuci bersih, kemudian masukkan ke air mendidih dan rebus selama kurang lebih 1jam.

Siapkan bumbu halus yang terdiri dari 6 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 3 buah cabai merah besar, 1 sendok teh ketumbar, 1 ruas kunyit berukuran kurang lebih 3 cm, setengah sendok teh lada, serta garam dan gula secukupnya.

View this post on Instagram

A post shared by KULINER JOGJA (@jogjafoodhunter) on

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dan masukkan bumbu halus. Kemudian tambahkan daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, serta jahe. Aduk dan tumis hingga mengelurkan aroma yang wangi.

Masukkan tumis bumbu ke dalam panci yang berisi rebusan daging kambing tadi, aduk hingga bumbu tercampur merata. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai selera, tutup panci dan masak tengkleng kambing hingga matang sempurna. Setelah matang, Tengkleng Kambing Khas Solo siap dihidangkan untuk keluarga. (shn)

BACA JUGA:

Pekan Menyusui Sedunia, UNICEF Beri Tips Menyusui di Tengah Pandemi COVID-19

#Kuliner #Kuliner Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan