Bos Go-Jek: Pendapatan Rata-rata Driver Mencapai Rp 8 Juta per Bulan Transportasi Online. Foto: Ist

MerahPutih.com - Chief Executive Officer (CEO) PT Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim, mengungkapkan pendapatan rata-rata per bulan para mitra "driver" atau pengemudi Go-Jek melebihi upah minimum regional (UMR) DKI Jakarta.

"Di Jakarta, UMR sekitar Rp 3,3 juta per bulan, dan di luar Jabodetabek sekitar Rp 2 juta. Rata-rata pendapatan mitra 'driver' Go-Jek hampir Rp 4 juta per bulan," kata Nadiem seperti dikutip Antara dalam Seminar Hari Oeang di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/10).

Ia menyebutkan apabila para mitra pengemudi Go-Jek tersebut bekerja secara penuh hingga 10-12 jam per hari, pendapatannya bisa mencapai hingga Rp 8 juta per bulan.

"Sehingga mereka mulai masuk ke kelas menengah. Dan ini pekerjaan yang fleksibel. Banyak sekali mereka kerja keras di Go-Jek untuk mendapatkan sesuatu yang kritis, seperti memenuhi uang pangkal universitas anaknya," kata Nadiem.

Kemudian, ia juga berpendapat bahwa masalah ekonomi di Indonesia tidak hanya menyangkut unemployment atau pengangguran, namun juga underemployment atau kelompok pekerja yang ingin bekerja lebih banyak tetapi tidak bisa.

"Jadi pekerjaan yang fleksibel dan paruh waktu ini yang bisa menjadi solusi bagi masalah akut di bidang underemployment, apalagi kalau sektor formalnya sedang lemah," ucap Nadiem. (*)


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH