Bos Atau Pemimpin, Kamu Tergolong yang Mana? Perbedaan jelas antara seorang bos dan pemimpin (Foto: Pexels/Rawpixel)

SEBAGIAN orang mungkin berpikir bahwa "bos" dan "pemimpin" merupakan suatu hal atau jabatan yang sama, namun itu tidaklah tepat sepenuhnya. Bos adalah mereka yang sudah mencapai puncak dari piramida sebuah perusahaan. Mereka memiliki kantor yang bagus dan sudah memiliki tempat parkir kendaraan khusus.

Bos adalah orang yang memilih keputusan yang akan memengaruhi kemana perusahaan itu akan bergerak dan seringkali mengontrol hal keuangan. Namun bos belum tentu seorang pemimpin yang baik. Bos memang bisa menjadi pemimpin, dengan cara mempelajari perbedaan utama dan merealisasikan kemampuannya pada posisinya.

Bos dapat menjadi tipe pemimpin yang merekrut dan mempertahankan karyawan yang memiliki kinerja yang sangat baik dapat meningkatkan keuntungan untuk perusahaan. Jadi apa yang membuat bos dan pemimpin itu berbeda? Melansir laman villanovau, berikut beberapa perbedaan utama dari bos dan pemimpin.

1. Pemimpin Mendengarkan Baru Berbicara

Bos Atau Pemimpin, Kamu Tergolong yang Mana?
Pemimpin mendengarkan dahulu baru berbicara (Foto: Pexels/Rawpixel)

Pemimpin yang baik lebih sering mendengarkan para karyawan mereka dibandingkan berbicara, mereka juga memahami bagaimana untuk mencari dan memilah pendapat para karyawannya kedalam proses pengambilan keputusan.

Sedangkan bos cenderung ingin lebih banyak berbicara ketimbang mendengarkan bawahannya. Bos cenderung mengharapkan para karyawannya untuk mendengarkan dan melaksanakan apapun yang mereka perintahkan, dengan atau bahkan tanpa sedikitpun arahan. Tentunya itu bukanlah pendekatan dalam sebuah perusahaan.

2. Pemimpin Memimpin, Bos Menyuruh

Bos Atau Pemimpin, Kamu Tergolong yang Mana?
Pemimpin membimbing para bawahannya akan suatu pekerjaan (Foto: Pexels/Fox)

Pemimpin yang baik itu memotivasi para karyawannya agar menginspirasi untuk mengikuti gaya kepemimpinan mereka. Sedangkan bos cenderung untuk mengarahkan karyawannya, gaya seperti itu biasanya tidak bisa mengambil keputusan yang tepat.

Pemimpin yang baik seringkali menyampaikan sebuah ide dan meminta karyawannya untuk bekerja sama, jika seperti itu, sudah pasti pemimpin akan menyampaikan cara dan tujuan kepada karyawannya agar mencapai tujuan bersama.

3. Pemimpin Meluangkan Waktu

Bos Atau Pemimpin, Kamu Tergolong yang Mana?
Pemimpin harus meluangkan waktu untuk karyawannya (Foto: Pexels/Rawpixel)

Mungkin beberapa bos cenderung mengabaikan karyawan mereka karena mereka berpikir bahwa karyawannya sudah dibayar dan harus bekerja dengan baik, sebenarnya hal tersebut sangat mungkin membuat para karyawan berpikir tidak bisa memiliki masa depan yang pasti di suatu perusahaan.

Sedangkan pemimpin tidak pernah mengabaikan karyawannya, mereka sebisa mungkin untuk meluangkan waktu untuk para karyawannya dengan mendengar keluhan mereka, mengajari para karyawannya bidang yang baru, dan membantu agar karir mereka terus berkembang.

4. Pemimpin Tidak Memarahi

Bos Atau Pemimpin, Kamu Tergolong yang Mana?
Pemimpin cenderung lebih sabar (Foto: MultiBriefs)

Pemimpin yang baik memilih waktu dan tempat untuk membicarakan tentang kesalahan dan perbaikan yang dilakukan karyawannya.

Sebenarnya setiap masalah yang dibuat oleh karyawan dapat ditangani dengan pembicaraan yang meningkatkan kepercayaan diri karyawan tersebut, tidak memarahi baik itu secara pribadi maupun di dekat karyawan lainnya.

Baca juga:

5 Keterampilan Penting yang Harus dimiliki oleh Pemimpin Digital HR

5 Zodiak yang Tegas dan Bertindak Cepat, Mereka Cocok Menjadi Pemimpin

Sedangkan bos cenderung untuk memarahi dan bahkan dapat mengancam para karyawannya yang membuat mereka khawatir dan malu dihadapan karyawan lainnya. Lain dengan pemimpin yang memberikan nasihat secara baik-baik dalam suasana pribadi.

5. Pemimpin Menawarkan Kesetaraan

Bos Atau Pemimpin, Kamu Tergolong yang Mana?
Pemimpin tidak pernah membedakan karyawan satu dengan yang lain (Foto: Pexles/Rawpixel)

Bos cenderung memilih satu atau lebih karyawan favorit atau yang terdekat dengan mereka, dimana hal tersebut bisa membuat perlakuan yang kurang adil bagi karyawan lainnya. Seperti lebih mendengarkan yang menjadi favorit mereka ketimbang karyawan lainnya yang dianggap biasa saja.

Sedangkan pemimpin tidak melakukan hal demikian, mereka menyetarakan siapapun dalam perusahaannya tidak pernah membeda bedakan satu dengan yang lainnya, sehingga para karyawannya merasa diperlakukan dengan adil. (ape)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH