BOR COVID-19 Menurun, Mayoritas Warga Yogyakarta Isolasi Mandiri di Rumah

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 04 Agustus 2021
BOR COVID-19 Menurun, Mayoritas Warga Yogyakarta Isolasi Mandiri di Rumah
Perawatan pasien COVID-19. (Foto:Antara)

MerahPutih.com - Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) ruang isolasi pasien COVID-19 di rumah sakit di Kota Yogyakarta terus menurun. Saat ini BOR menyentuh 76 persen. Padahal BOR sebelumnya pernah nyaris 100 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menjelaskan penurunan BOR terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya penurunan jumlah kasus baru pasien COVID-19.

Baca Juga:

Pasien RSHS Bandung Turun, BOR Gawat Darurat Masih Tinggi

"Puncak kasus di Kota Yogyakarta terjadi pada 4-10 Juli dan setelahnya menunjukkan perkembangan yang fluktuatif, namun awal Agustus cenderung ada penurunan. Bor di RS sudah menyentuh 76 persen," katanya di Yogyakarta, Selasa (3/8).

Sedangkan untuk kasus kematian pasien juga menunjukkan penurunan dari sekitar 30 hingga 37 pasien meninggal dunia dalam sehari, namun saat ini sudah turun menjadi sekitar lima pasien dalam sehari.

Emma menambahkan BOR menurun juga disebabkan karena adanya penambahan jumlah bed isolasi pasien COVID-19 dari rumah sakit.

Berdasarkan data pada awal Agustus, total ruang isolasi dari tujuh rumah sakit rujukan penanganan pasien COVID-19 sebanyak 308 tempat tidur dan terisi sebanyak 236 tempat tidur.

Tempat isolasi. (Foto: Teresa Ika)
Tempat isolasi. (Foto: Teresa Ika)

Namun, ia menambahkan keterisian ruang perawatan intensif (ICU) masih cukup tinggi. Tercatat saat ini 41 dari 43 tempat tidur di ICU terisi.

"BOR ruang ICU masih cukup tinggi, Masih sekitar 95 persen," katanya.

Ia melanjutkan, saat ini sebagian besar pasien covid menjalani isolasi mandiri dirumah. Namun dirinya mendorong masyarakat untuk isolasi di shelter yang sudah disiapkan Pemkot yakni di rumah susun Tegarejo dan Gemawang.

Pada Senin lalu terdapat tambahan 83 kasus positif di Kota Yogyakarta dengan 403 pasien sembuh atau selesai menjalani isolasi, lima pasien meninggal dunia sehingga total kasus aktif tercatat 3.144 kasus. (Teresa Ika / Yogyakarta)

Baca Juga:

Ingat! Kota Bandung Masih Zona Merah Walau BOR RS COVID-19 Turun

#Yogyakarta #COVID-19 #Kasus Covid
Bagikan
Bagikan