Bonus Asian Para Games Cair, Atlet Tanpa Medali Ikut Ketiban Rezeki Menpora Imam Nahrawi tanda tangani sertifikat atlet Asian Para Games 2018. Foto: Medsos

MerahPutih.com - Pemerintah memastikan semua atlet kontingen Indonesia yang berlaga di Asian Para Games 2018 akan mendapatkan bonus uang, bukan hanya mereka yang berhasil meraih medali saja.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memastikan atlet para games yang tidak mendapatkan medali juga tetap mendapatkan bonus sebesar Rp20 juta. Bonus itu diserahkan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum acara penutupan malam ini.

"Diserahkan oleh Presiden secara langsung," kata Imam, kepada wartawan di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (13/10).

atlet
Kontingen Indonesia Asian Para Games 2018 (setkab.go.id)

Namun hingga Jumat siang, Kontingen Merah-Putih mendapatkan 24 medali emas, 35 medali perak, dan 39 medali perunggu. Perolehan itu diperkirakan masih akan bertambah hingga Sabtu (13/10).

Menpora mengakui ada revisi dari anggaran awal yang disiapkan pemerintah untuk bonus atlet sebesar Rp204 miliar. Tambahan anggaran itu diperkirakan sedikitnya Rp27 miliar, tergantung perolehan tambahan medali Indonesia di hari terakhir.

Meski demikian, Imam memastikan tambahan anggaran itu tidak akan berpengaruh terhadap waktu pencairan bonus para atlet. Menurut Menpora, Presiden Jokowi langsung turun tangan menawarkan solusinya.

kawasan GBK
Kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta. (inapgoc)

"Kami dibantu oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, atas saran Presiden untuk mencari tambahan anggaran. Baik anggaran yang bersumber dari Kemenpora sendiri dengan melakukan penyisiran, dana yang belum terserap, maupun kegiatan-kegiatan yang tidak berdampak luas pada masyarakat seperti rapat-rapat dan kunjungan-kunjungan kerja luar negeri. Anggaran itu akan dipotong semua untuk pemenuhan bonus itu sendiri," papar Imam. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH