Bono Park, Taman Bunga Hits di Kalangan Anak Muda Klaten Bono Park yang menjadi destinasi wisata di Klaten. (Foto: instagram@annisafhn_ )

KLATEN meski bukan kota besar merupakan daerah yang memiliki banyak daya tarik. Di sana terdapat banyak destinasi menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata kota, hingga wisata sejarah. Paling terkenal tentu wisata Candi Prambanan.

Tak ketinggalan juga wisata baru yang hits di kalangan milenial. Misalnya beberapa waktu lalu objek wisata Umbul Ponggok menghebohkan kalangan wisatawan. Kini Kabupaten Klaten punya Bono Park yang tak kalah viral di media sosial. Sejak diresmikan 2018, kehadiran Bono Park menambah warna dan dan keindahan Klaten.


1. Penduduk desa mengelola Bono Park

Bono Park Klaten. (Foto: instagram.com/alip.n.rohman.9)
Bono Park Klaten. (Foto: instagram@alip.n.rohman.9)

Tahun depan, Desa Bono rencananya akan mengembangkan Bono Park itu menjadi destinasi agrowisata. Tempat wisata ini cukup menarik karena dikelola oleh desa dan masyarakatnya.

Bono Park terletak di Desa Bono, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kehadirannya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa, termasuk menjadi sumber pendapatan asli desa.


2. Bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada

Bono park
Bono Park disebut juga sebagai Taman Seribu Bunga. (Foto: instagram@yoseph_kun)

Pemerintah Desa Bono membangun Bono Park di tengah persawahan desa. Di Bono Park ada berbagai macam bunga, sayuran, dan buah. Saking banyaknya, taman ini disebut Taman Seribu Bunga.

Dikutip Arah Destinasi, pembangunan Bono Park diputuskan dalam musyawarah desa. Untuk mewujudkan impian masyarakat, Desa Bono membuat proposal perencanaan dan site plan kepada pemerintah kabupaten. Untuk membuat site plan, Desa Bono sudah bekerjasama dengan konsultan dan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

3. Bono Park wisata edukasi pertanian

Bono Park. (Foto: instagram.com/tikalistya)
Bono Park. (Foto: instagram@tikalistya)

Bono Park tidak hanya wisata taman bunga, tapi menjadi tempat edukasi untuk pertanian. Ke depan, Bono Park akan memiliki kebun hidroponik dan berbagai macam tanaman pertanian.

Bono Park menjadi bagian dari inovasi Desa Bono dalam memanfaatkan Dana Desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Kesuksesan tidak membuat masyarakat desa di kabuaten itu berhenti berinovasi. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Dari Air hingga Udara, ini 15 Destinasi Wisata Petualangan Terbaik Versi Kemenpar

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH