Film
Bong Joon-ho Jadi Presiden Juri Festival Film Venesia 2021 Bong Joon-ho terpilih jadi presiden juri Festival Film Venisia 2021. (Foto Twitter@IndieWire)

BONG Joon-ho kembali mencetak sejarah. Kali ini bukan mengenai karyanya, melainkan karena keterampilannya sebagai seorang sutradara. Setelah Parasite memboyong sejumlah Academy Awards di 2020, nama sutradara asal Korea Selatan itu semakin dikenal dunia. Tidak mengherankan jika kini ia dipercaya bertugas dalam pergelaran bertaraf internasional.

Seperti dilansir Indiewire, Joon-ho baru saja dikabarkan menjadi presiden juri untuk acara Festival Film Venesia 2021. Hal itu menjadikannya orang Korea Selatan pertama yang bertugas sebagai presiden dalam ajang tersebut.

BACA JUGA:

Serial TV 'Lord of the Rings' Segera Digarap

Dalam sebuah pernyataan, Joon-ho mengatakan Festival Film Internasional Venesia mempunyai sejarah panjang dan beragam. Dia merasa terhormat bisa tergabung dalam tradisi sinematiknya yang indah. "Sebagai ketua juri dan sebagai seorang sineas abadi, saya siap untuk mengagumi dan memuji semua film hebat yang dipilih oleh festival. Saya dipenuhi dengan harapan dan kegembiraan yang tulus," tuturnya.

bong joon-ho
Joon-ho akan jadi orang Korea pertama yang dipercaya untuk memimpin dewan juri. (Foto Time)

Dalam 88 tahun sejarah festival film tersebut, ini akan jadi pertama kalinya seorang pembuat film asal Korea dipercaya memimpin dewan juri. Direktur Artistik Festival Film Venesia Alberto Barbera memuji sineas tersebut sebagai salah satu pengisi suara paling autentik dan orisinal di bioskop dunia. Keputusan Joon-ho untuk bergabung dalam festival ke-78 ini merupakan sebuah kabar yang menggembirakan.

"Kami sangat berterima kasih kepadanya karena telah setuju untuk menempatkan hasratnya sebagai seorang cinephile yang penuh perhatian, ingin tahu, dan tidak berprasangka buruk untuk melayani festival kami," jelas Barbera. Bukan hanya Joon-ho yang merasa terhormat, pihak penyelenggara juga turut senang karena bisa membagikan kegembiraan ini dengan penikmat film Joon-ho dari seluruh dunia.

Tugas Joon-ho di acara film Venesia tersebut membuatnya mencetak sejarah dalam industri film internasional selama tiga tahun berturut-turut. Ketika Parasite memenangi Palme d'Or di Festival Film Cannes 2019, Joon-ho jadi orang pertama dari Korea Selatan yang menerima penghargaan tertinggi dalam festival film di Prancis tersebut.

film parasite
Film Parasite memenangi empat piala Oscar. (Foto Twitter@neonrated)

Setelahnya, Parasite juga berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Academy Awards 2020. Joon-ho dan segenap kru berhasil mengantongi empat piala Oscar untuk film terbaik, sutradara terbaik, skenario asli terbaik, dan fitur internasional terbaik. Itu merupakan film Korea Selatan pertama yang berhasil memenangi empat kategori sekaligus. Selain itu, Parasite juga merupakan film berbahasa asing pertama yang sukses membawa pulang piala film terbaik yang disebut-sebut sebagai penghargaan paling bergengsi di Oscar.

Meski sudah berselang tiga tahun sejak film Parasite dirilis, garapan Joon-ho itu masih membuat namanya diperhitungkan sebagai salah satu sutradara terbaik di kancah internasional. Sepertinya dalam waktu dekat Joon-ho belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti mencetak berbagai sejarah baru.(Sam)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bawa Bekal Di Pesawat, Kenapa Tidak?
Fun
Bawa Bekal Di Pesawat, Kenapa Tidak?

Boleh bawa bekal di pesawat asal. . .

Malas Olahraga? Mandi Air Panas Saja
Fun
Malas Olahraga? Mandi Air Panas Saja

kalori yang terbakar larena mandi air panas setara dengan 30 menit berjalan kaki.

Bukti Kepopuleran BTS Lewati Batas Persaingan
ShowBiz
Bukti Kepopuleran BTS Lewati Batas Persaingan

Siapa sangka kemasyhuran BTS bahkan melewati batas-batas persaingan sengit antar agensi besar di Korea Selatan.

Lagi, Karya Stephen King Diadaptasi Jadi Film Netflix
Fun
NASA dan SpaceX Tunda Misi Peluncuran Roket karena Cuaca Buruk
Fun
NASA dan SpaceX Tunda Misi Peluncuran Roket karena Cuaca Buruk

Misi ini akan menjadi tonggak sejarah untuk NASA dan SpaceX.

Joe Rogan Sebut Video Game Hanya Buang Waktu
Fun
Joe Rogan Sebut Video Game Hanya Buang Waktu

Menurut Rogan video game membuat adiktif.

Kimchi Khas Korsel, Tiongkok Punya Pao Cai
Fun
Kimchi Khas Korsel, Tiongkok Punya Pao Cai

Sebenarnya Kimchi milik Korsel atau Tiongkok?

5 Tipe Kepribadian dalam Menghadapi Konflik di Tempat Kerja
Fun
5 Tipe Kepribadian dalam Menghadapi Konflik di Tempat Kerja

Ada lima karakter yang keluar ketika terjadi konflik.

Perhatikan Hal ini setelah Vaksinasi COVID-19
Hiburan & Gaya Hidup
Perhatikan Hal ini setelah Vaksinasi COVID-19

Untuk memantau dan memastikan tidak ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI).

Tak Ada lagi Alkohol di Pesawat
Travel
Tak Ada lagi Alkohol di Pesawat

Untuk mengurangi interaksi penumpang dan awak.