Bom Mobil Tewaskan Satu Orang di Wilayah Sengketa Irak Ilustrasi Serangan bom mobil (foto: screenshot newshub)

MerahPutih.com - Sebuah ledakan bom mobil menewaskan satu orang dan melukai sepuluh orang lagi di Kirkuk, sebuah kota produksi minyak Irak.

Kirkuk merupakan daerah tempat pihak berwenang Kurdi setempat berencana mengadakan referendum kemerdekaan, meski rencananya tersebut mendapat tentangan dari pemerintah pusat dan daerah dengan masyarakat non-Kurdi.

Ledakan tersebut menyasar sebuah toko minuman keras, menurut sebuah sumber keamanan.

Sebuah pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri Irak menggambarkan serangan tersebut sebagai "agresi teroris" dan tidak mengkaitkannya dengan ketegangan yang ditimbulkan oleh rencana Kurdi untuk mengadakan pemungutan suara, pada 25 September mendatang.

Kirkuk adalah rumah bagi masyarakat Arab serta Turkmen yang jumlahnya cukup besar dan bermukim di luar batas-batas resmi wilayah Kurdistan. Wilayah tersebut dipersengketakan oleh pihak berwenang Kurdi dan pemerintah pusat di Bagdad.

Petempur Peshmerga Kurdi merebut wilayah Kirkuk dan daerah sengketa lainnya ketika tentara Irak mengalami kemunduran dalam menghadapi kelompok IS pada 2014, mencegah ladang minyak di wilayah itu jatuh ke tangan pemberontak. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH