Bolu Kuwuk, Pas Dijadikan Oleh-oleh dari Banyuwangi

BANYUWANGI sebagai salah satu destinasi andalan di Pulau Jawa bagian timur memiliki banyak kuliner khas. Dari makanan olahan nasi, ikan, penganan basah, hingga kue kering yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Selain pia Glenmore dari Kecamatan Glenmore, kamu bisa coba cari bolu kuwuk di Bumi Blambangan. Bolu kuwuk merupakan jenis bolu kering berukuran kecil.

Di daerah lain, bolu jenis ini biasanya dijadikan sebagai makanan khas di bulan Ramadan atau Hari Raya Idul Fitri. Di Banyuwangi, bolu kuwuk ditemukan setiap waktu.

Bolu kuwuk. (instagram.com/dapur.piets)
Bolu kuwuk. (Foto: instagram@dapur.piets)

Bolu kuwuk bagi masyarakat Osing biasa dijadikan penganan untuk teman kopi. Suku Osing atau Using merupakan penduduk asli Banyuwangi atau disebut juga wong Blambangan.

Selain jadi penanan kala bersantai, bolu kuwuk juga dijadikan bagian dari makanan untuk acara-acara adat. Namun kini, bolu kuwuk dapat mudah ditemukan terutama di banyak toko oleh-oleh di Banyuwangi.

Bolu kuwuk dibuat dari tepung tepung terigu, gula pasir, dan telur. Kue mungil ini sangat manis dengan tekstur sedikit kasar dan renyah. Bentuknya unik seperti tempurung kura-kura.

Bolu kuwuk. (instagram.com/ninoeuy_prasetyo)
Bolu kuwuk punya citarasa manis. (Foto: instagram@ninoeuy_prasetyo)

Jalan-jalan tanpa membawa pulang oleh-oleh rasanya kurang pas. Buah tangan bolu kuwuk dari Banyuwangi sangat pas untuk orang tercinta di rumah. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pia Glenmore, Buah Tangan Wajib dari Bumi Blambangan

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH