Bolehkan Menyalakan Ponsel Saat Naik Pesawat? Pesawat penumpang (Pixabay/bilaleldaou)

BELUM lama ini Garuda Indonesia Group telah membuat kebijakan baru untuk memanjakan para pelanggannya. Mulai tahun 2019 mendatang pengguna jasa Garuda Indonesia dan Citilink akan merasakan akses internet gratis saat melakukan penerbangan.

Namun bagi orang awam setelah mendengar berita itu mungkin langsung muncul pertanyaan, berarti boleh dong menyalakan ponsel di atas pesawat? atau, emang enggak merusak navigasi ya klo ada WiFi? Pertanyaan-pertanyaan itu muncul karena biasanya ada imbauan kalau di dalam pesawat tidak boleh menyalakan ponsel.

Bagi yang belum tahu WiFi gratis yang akan diberikan oleh Garuda Indonesia Group sebenarnya berbeda dengan sinyal-sinyal yang biasa kamu gunakan di darat baik dari provider ataupun WiFi di rumah, kafe atau kantor.

1. WiFi dari Garuda Indonesia Group tak mengganggu sistem elektronik pesawat

WiFi gratis di Garuda Indonesia Group (Instagram/garuda.indonesia)
WiFi gratis di Garuda Indonesia Group (Instagram/garuda.indonesia)

Ziva Narendra Arifin, CEO dan Co-founder Aviatory Indonesia mengatakan WiFi di dalam pesawat memang sudah di desain khusus untuk penerbangan. Dengan begitu sinyal WiFi tidak akan mengganggu sistem pesawat.

"Jadi dia adalah sebuah perangkat yang diinstal di pesawat yang kemudian akan mengirimkan sinyal sendri dengan stasiun di darat dan satelit jadi berbeda dengan handphone yang kita gunakan," katanya melalui telepon, Jumat (17/11).

2. Ternyata boleh menyalakan ponsel, asal ...

Ada syarat jika ingin menyalakan handphone di pesawat (Pixabay/Skitterphoto)
Ada syarat jika ingin menyalakan handphone di pesawat (Pixabay/Skitterphoto)

Sebenarnya larangan menyalakan ponsel hanya berlaku saat take off dan landing. Ketika pesawat sudah stabil di atas langit maka seseorang boleh menggunakan ponselnya dengan syarat memakai mode pesawat atau airplane mode.

Hal itu karena yang mengganggu pesawat ketika take off dan landing adalah elektromagnetik dari ponsel. Sementara saat pesawat stabil yang mengganggu adalah sinyal frekuensi ponsel. "Handphone itu akan nyari sinyal masing-masing dan itu terlalu banyak sinyal sehingga mengganggu. Jadi tujuan dari WiFi itu supaya sinyalnya tersentralisasi," ujar Ziva.

3. Adanya WiFi gratis di pesawat mengikuti perkembangan zaman

WiFi gratis itu mengikuti perkembangan zaman (Pixabay/WikimediaImages)
WiFi gratis itu mengikuti perkembangan zaman (Pixabay/WikimediaImages)

Menurut Ziva adanya WiFi di dalam pesawat bukanlah hal baru. Di luar negeri fasilitas WiFi sudah bisa dirasakan mengkipun ada yang berbayar maupun gratis. Tak hanya itu saja, WiFi adalah tuntukan perkembangan zaman yang harus dimiliki maskapai.

"Menurut saya ini sudah menjadi standar kebutUhan maskapai. jadi kalau kita bicara penerbangan yang pendek-pendek itu tidak terlalu dibutuhkan. tapi kalau sudah dua jam ke atas atau maskapai yang sifatnya full service itu sudah bagian dari pelayanan yang diharapkan," tuturnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH