Bolehkah Pria Menggunakan Produk Perawatan Kulit Perempuan?

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 27 Maret 2019
Bolehkah Pria Menggunakan Produk Perawatan Kulit Perempuan?
Boleh menggunakan produk perempuan namun ada syaratnya (Sumber: Pixabay/StockSnap)

BUKAN hanya perempuan, pria masa kini juga sering melakukan perawatan kulit seperti memakai body lotion, tabir surya hingga krim untuk wajah. Hanya saja terbatasnya produk perawatan untuk pria membuat mereka menggunakan produk untuk perempuan.

Tapi, apakah dibolehkan seorang pria menggunakan produk perawatan perempuan? Menurut ahli dermatologi PERDOSKI Jakarta, dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK sebenarnya tidak masalah jika pria menggunakan produk perawatan perempuan.

Pilih produk yang mendukung kulit pria (Sumber: glamlelaki.my)
Pilih produk yang mendukung kulit pria (Sumber: glamlelaki.my)

Hanya saja kulit pria dan perempuan berbeda. Perempuan memiliki tipe kulit yang bermacam-macam, sedangkan pria relatif lebih berminyak dengan kulit tebal. Hal tersebut tentu membuat treatmentnya juga berbeda.

"Sebenarnya tidak masalah. Hanya bedanya adalah kadang-kadang perempuan tipe kulitnya bermacam-macam," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/3) seperti dilansir Antaranews.

Lebih lanjut, dokter berwajah cantik ini menyarankan agar para pria tidak salah memilih produk perawatan kulit. Pilih produk yang tidak bertekstur lengket atau konsistensinya terlalu kental.

Ada produk yang memang khusus untuk pria (Sumber: Pixabay/JIb_Enjoy)
Ada produk yang memang khusus untuk pria (Sumber: Pixabay/JIb_Enjoy)

Sementara untuk membersihkan wajah, pria sebaiknya menggunakan produk yang khusus. Karena biasanya tekstur produk pembersih wajah pria lebih kasar dibandingkan produk perempuan.

"Untuk pembersihan sebaliknya, harus yang lebih kasar. Facial wash saja kalau untuk pria lebih berbusa, ada kandungan tertentu untuk mengeringkan," kata Kardiana.

Kardiana juga memberikan tips pada usia berapa seseorang sudah melakukan perawatan agar kulit tidak kusam dan mengalami masalah lain. Ia mengatatakan usia remaja atau 12 tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai perawatan.

#Tips Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan