Bolehkah Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan?

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 02 Desember 2023
Bolehkah Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan?
(freepik/racool_studio)

UNTUK sebagian orang bau mulut setelah makan mengganggu kenyamanan diri sendiri. Apalagi setelah memakan makanan yang memiliki bau yang tajam, seperti jengkol atu pete.

Sehabis makan memilih untuk langsung menyikat gigi untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Menurut Alodokter, justru kebiasaan ini malah tidak baik untuk gigimu.

Baca Juga:

Sikat Gigi Wajib Diganti 3 Bulan Sekali

sikat gigi
Kebiasaan ini dilakukan pada waktu yang tidak tepat, dapat menyebabkan potensi kerusakan pada gigi. (freepik/master1305)

Yang baik adalah sikat gigi minimal dua kali sehari yaitu setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Ini bertujuan agar gigi bersih dari sisa makanan yang bisa memicu terbentuknya plak gigi. Plak gigi jika sudah menumpuk akan menyebabkan kerusakan gigi, sakit gigi, gigi berlubang, bahkan gigi bisa tanggal.

Meskipun demikian, ada orang yang mungkin merasa lebih nyaman menyikat gigi setelah makan. Namun, perlu diingat bahwa jika kebiasaan ini dilakukan pada waktu yang tidak tepat, dapat menyebabkan potensi kerusakan pada gigi.

Menyikat gigi setelah makan itu sebenarnya boleh-boleh saja. Tetapi, sebaiknya jangan dilakukan pada saat benar-benar selesai makan. Sebaiknya tunggu 30 hingga 60 menit. Terlebih lagi jika kamu mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam seperti permen, roti, jus jeruk, kopi dan minuman bersoda.

Melakukan kebiasaan menyikat gigi segera setelah makan, khususnya setelah mengonsumsi makanan yang bersifat asam dapat berpotensi merusak lapisan luar gigi atau enamel. Ini terjadi karena konsumsi makanan dan minuman dengan tingkat keasaman tinggi dapat membuat enamel gigi menjadi lebih lunak.

Baca Juga:

Jangan Lupa Sikat Gigi ya agar Aman dari Berbagai Penyakit

sikat gigi
Sebaiknya tunggu 30 hingga 60 menit. (freepik/cookie_studio)

Butuh waktu sekitar 30 menit bagi enamel untuk mengeras kembali sehingga siap untuk melindungi gigi. Kalau langsung menyikat gigi, enamel akan ikut rontok bersama dengan kotoran.

Daripada langsung sikat gigi setelah makan, sebaiknya kamu minum air putih yang cukup atau kumur-kumur dengan air. Air mengandung fluoride, yaitu mineral yang akan membantu proses pengerasan enamel gigi. Setelah menunggu sekitar 30 hingga 60 menit, barulah kamu boleh sikat gigi.

Berikut ini adalah cara merawat gigi setelah makan menurut Alodokter:

Sikat gigi selama minimal dua menit, dua kali sehari.

• Bersihkan gigi dengan benang gigi sekali dalam sehari.

• Gunakan sikat gigi yang lembut dan sikatlah dengan cara yang benar.

• Gunakan obat kumur yang mengandung fluoride.

• Minumlah air putih minimal delapan gelas sehari.

• Kurangi makan makanan dan minum minuman manis.

• Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin.

• Jangan merokok (aqb)

Baca Juga:

Mana yang Benar, Sikat Gigi Sesudah atau Sebelum Sarapan?

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan