Boleh Saja Mudik Pakai Mobil Rental, Asal. . . Ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan dalam menyewa mobil rental (Foto: Pexels/Negative Space)

MUDIK menggunakan mobil rental boleh-boleh saja. Namun, ada beberapa ketentuan yang perlu kamu perhatikan sebelum menyewa mobil rental. Sebab kamu enggak tahu kondisi pasti bagaimana mobil rental tersebut.

Apalagi jika kamu baru pertama kali menggunakan mobil rental. Jangan sampai mudik kamu enggak nyaman gara-gara salah pilih mobil. Seenggaknya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menyewa mobil rental seperti yang dirangkum merahputih.com dari berbagai sumber ini.

1. Pilih mobil yang sesuai

Sewa mobil sesuai kebutuhan (Foto: Pexels/Mike Bird)

Sewa mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Seperti berapa kapasitas penumpang mobil yang kamu perlukan.

Kemudian, kalau perjalanan mudik kamu cukup jauh, pilih mobil dengan kapasitas di atas 1200 cc agar nyaman menempuh perjalanan jauh.Jangan lupa juga, perhatikan kapasitas bagasi mobil tersebut. Supaya barang bawaan yang kamu bawa bisa masuk semua.

2. Lepas kunci atau enggak

Didampingi supir atau enggak (Foto: Pexels/Negative Space)

Ada dua tipe jasa penyewaan mobil. Yaitu yang lepas kunci atau yang enggak. Kalau yang lepas kunci kamu bisa menyewa mobil tanpa didampingi supir.

Namun, jika kamu menggunakan mobil yang enggak lepas kunci, kamu akan didampingi seorang supir. Hitung-hitung kamu jadi enggak perlu capek mengemudi.

Baca juga:

Mudik Pakai Mobil Pribadi? Ini Tipsnya

3. Perhatikan kondisi mobil

Cek kondisi mobil di tempat (Foto: Pexels/JESHOOTS.com)

Tanyakan pada penyedia jasa sewa mobil, bagaimana kondisi terakhir mobil. Sebab, bukan cuma kamu yang menyewa, ada banyak orang yang pernah menyewa mobil tersebut.

Sehingga belum tentu kondisi mobil yang kamu sewa baik. Cek ulang kembali kondisi mobil saat di tempat, untuk mengurangi risiko kecelakaan.

4. Teliti dalam tarif sewa

Jangan ada yang terlewat dalam menanyakan tarif sewa (Foto: Pexels/Pixabay)

Jangan sampai ada yang terlewat mengenai tarif sewa. Telitilah dalam menanyakan tarif sewa. Apakah tarif sewa tersebut sudah termasuk uang bensin atau enggak. Lalu, pastikan apakah tarif sewa per 12 jam atau per 24 jam. Beberapa penyedia jasa rental mobil memiliki tarif sewa yang berbeda.

Bagaimana sahabat Merah Putih, sudah siap mudik? (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH