Adu Argumen dengan Kekasih Boleh Saja, Asal... Argumen tidak dapat terelakkan (Foto: freeimages/Alexander Redmond)

SIAPA pun pernah berselisih pendapat dengan orang lain, termasuk pasangan yang menjalin kasih. Mungkin saja berselisih pendapat sudah menjadi makanan sehari-hari. Adu argumen pun tidak terelakkan.

Inti permasalahannya bisa bermacam-macam. Dari hal yang terbilang sepele hingga masalah serius. Tapi jangan salah, berargumen dengan si dia merupakan hal yang wajar-wajar saja. Asalkan tidak merusak hubungan kamu.

Karenanya, berargumen harus menemukan jalan keluar ataupun solusi. Jangan hanya berargumen lantaran meluapkan emosi yang saat. Tenang, Merahputih.com berikan beberapa tips untuk berargumen tanpa merusak hubungan kamu dengan kekasih. Berikut cara-cara yang bisa kamu ikuti.

1. Tidak ada pemenang

Argumen bukan sebuah kompetisi (Foto: Pexels/Pixabay)

Kamu bukan sedang berkompetisi dengan kekasih kamu. Cobalah menerapkan sedikit sifat bijak dan dewasa. Caranya dengan tidak membantah sedikitpun saat ia mengutarakan pendapatnya. Jadilah pendengar yang baik. Setelah ia selesai, barulah kamu bicarakan kepadanya pendapat kamu. Dengan perlahan kamu akan menemukan solusi tanpa harus saling menyakiti.

2. Kendalikan emosi

Atur napas agar tidak emosi (Foto: Pexels/Toa Heftiba Sinca)

Kuncinya ialah atur napas kamu perlahan. Tarik napas yang dalam sebelum mengeluarkan kata-kata. Jika kamu sudah emosi, jangan harap masalah terselesaikan. Pasti kata-kata kasar lah yang akan kamu keluarkan. Saat kamu berargumen dengannya menggunakan kata kasar, sangatlah tidak sehat. Bukan hanya tersakiti, ia tidak akan percaya lagi dengan sifat kamu yang selama ini ia kenal.

Baca juga: Sabar, Wanita Diam Saat Marah Baik untuk Kamu

3. Jangan mengungkit masa lalu

Masa lalu harus dibuang (Foto: freeimages/Omar Franco)

Karena sudah emosi, tidak jarang pasangan bertengkar mengungkit masa lalu. Biasanya masa lalu yang diungkit adalah kesalahan-kesalahan yang pernah ia lakukan. Terlebih bagi wanita, mereka baper banget kalau si pria mengingatkan hal yang telah berlalu. Bukannya mendapatkan solusi, argumen kalian berdua malah menjadi ajang menjatuhkan satu sama lain.

4. Katakan sejujurnya

Berbicaralah dengan jujur (Foto: Pexels/Diego Alves)

Ada saja sepasang kekasih yang gengsi untuk saling berkata jujur. Maksudnya, penyampaian argumen tidak berdasarkan perkataan yang jujur. Misalnya saat ia tidak suka dengan warna pakaian kamu, jangan bilang bagus tapi ujung-ujungnya kamu mengomentari juga secara negatif. Katakan warna yang ia pakai tidak bagus menurut kamu. Berikan saran terbaik menurut kamu, dan biarkan ia mempertimbangkan.

Sahabat Merah Putih, berargumen tidak bisa dihindari setiap pasangan. Yang terpenting adalah jangan jadikan argumen sebagai ajang untuk saling menjatuhkan. Namun, jadikan hal tersebut sebagai wadah untuk menemukan solusi. (Ikh)

Baca juga: Jangan Lepaskan Ikatan Cinta Dengan Wanita Seperti Ini

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH