Bogor dan Bekasi Kerja Sama Tanggulangi Bencana di Perbatasan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 26 Desember 2020
Bogor dan Bekasi Kerja Sama Tanggulangi Bencana di Perbatasan
Peta Bekasi-Bogor. (Foto: Google Map).

MerahPutih.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menjalin kerja sama dalam penanggulangan pencemaran dan bencana di wilayah perbatasan. Pengendalian pencemaran dan sampah daerah aliran sungai (DAS) Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas serta penanganan banjir.

"Yang paling krusial adalah tentang kerja sama pemadaman kebakaran antarwilayah perbatasan, terus lingkungan, ada revitalisasi kali Bekasi yang arahnya dari Cikeas dan di Cileungsi," ujar Wali Kota Bekasi, Rachmat Effendi dikutip Antara.

Baca Juga:

Pekan Depan COVID-19 Bisa Memburuk

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, kerja sama antara Pemkab Bogor dengan Pemkot Bekasi terkait pelayanan publik sudah terjalin sejak tahun 2019.

Tapi, kini diperpanjang dengan sejumlah perubahan berdasarkan perkembangan dan kebutuhan di lapangan.

"Sehingga kita perlu memperpanjang kesepakatan ini dengan penambahan substansi pada ruang lingkup kesepakatan bersama yang merupakan urusan wajib dan pilihan daerah," kata Ade Yasin.

Kerja sama Bogor-Bekasi. (Foto: Antara).
Kerja sama Bogor-Bekasi. (Foto: Antara).

Ia berharap, kerja sama yang kini dijalin lebih rinci dapat menanggulangi berbagai masalah yang ada di kedua daerah, khususnya di wilayah perbatasan.

“Pentingnya kerja sama antardaerah dalam hal ini Jabodetabek dalam penanganan COVID-19 terutama daerah yang berbatasan sangat krusial, karena tingginya mobilitas penduduk di dua wilayah semisal penanganan fasilitas kesehatan," ujarnya.

Baca Juga:

Menag: Tidak Boleh Ada Persekusi Karena Keyakinan

#Puncak Bogor #Bekasi
Bagikan
Bagikan