Boeing 737 Max Lakukan Uji Terbang Uji terbang telah mendapat lampu hijau. (Foto: businesstraveller)

SETELAH lebih dari setahun dilarang untuk mengudara. Pesawat tipe Boeing 737 Max diberi lampu hijau oleh Administrasi Penerbangan Federal untuk memulai uji penerbangan.

"Uji terbang mengevaluasi perubahan yang diusulkan oleh Boeing pada sistem kontrol penerbangan otomatis di pesawat Boeing 737 MAX. Pengujian diperkirakan akan memakan waktu beberapa hari. Akan mencakup beragam manuver penerbangan dan prosedur darurat untuk memungkinkan lembaga menilai apakah perubahan tersebut memenuhi standar sertifikasi FAA," tulis FAA dalam surat kepada anggota parlemen, yang diperoleh CNN pada hari Minggu.

Baca juga:

Jet Pribadi Terbaru Boeing 737 Menawarkan Interior Ala Pesawat Angkasa Luar

1
Uji terbang akan memakan waktu beberapa hari. (Foto: cnbc)

Boeing 737 Max terlibat dalam dua kecelakaan fatal, mengakibatkan 346 korban jiwa. Kecelakaan pertama terjadi di bulan Oktober 2018 dan Maret 2019. Pesawat itu telah dilarang terbang semenjak bulan Maret 2019. Investigasi selanjutnya mengungkapkan tidak hanya masalah teknis yang terjadi pada pesawat, juga keluhan etika internal di pihak Boeing dan membuat produsen mendepak CEO mereka.

Kemudian ditentukan bahwa kecelakaan fatal itu disebabkan oleh perangkat lunak anti-stall pesawat, yang secara otomatis mendorong bagian moncong pesawat menukik ke bawah. Boeing mengatakan telah menyelesaikan masalah perangkat lunak tersebut.

Meskipun menerima izin untuk memulai penerbangan uji coba bukan berarti 737 Max akan segera kembali ke mengudara. Pejabat FAA akan menyiapkan laporan, merinci temuan mereka setelah penerbangan uji yang dilakukan di dekat pabrik Boeing, di daerah Seattle.

Baca juga:

Jet Kargo Terbesar Boeing Terbang Perdana Memerangi COVID-19

2
Belum tentu diizinkan mengudara pasca uji terbang. (Foto: bangkokpost)

Boeing kemudian akan mengirim informasi tentang perangkat lunak anti-stall baru ke FAA. Jika tidak ada masalah lebih lanjut, FAA bisa mengharuskan pelatihan baru untuk pilot sebelum mengizinkan 737 Max untuk kembali melangit, menurut The New York Times.

Boeing awalnya berharap bahwa pesawat itu akan melanjutkan penerbangan pada akhir tahun 2019. Namun tanggal penerbangan ulang yang dimaksud kembali diundur karena masih ditemukan beberapa kendala lagi. (lgi)

Baca juga:

Sensasi Terbang ala Astronaut dalam Penerbangan tanpa Gravitasi

Kredit : leonard


Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH