Boeing 737 Max Ganti Nama Baru? Pengumuman itu tidak mengidentifikasi jika pesawat itu sebagai seri Max. (Foto: businesstraveller)

PABRIKAN pesawat Amerika Serikat, Boeing agaknya ingin memperbaiki nama baik pesawat mereka. Caranya dengan mengganti nama Boeing 737 Max pada pesawat pesanan maskapai penerbangan Polandia, Enter Air.

Enter Air memesan empat unit Boeing 737 Max. Namun, pesawat tersebut tidak diberi nama seri Max, melainkan Boeing 737-8, demikian USA Today melaporkan.

Baca juga:

Boeing 737 Max Lakukan Uji Terbang

1
Armada Max telah dilarang terbang secara global. (Foto: cnbc)

Pejabat Boeing tidak mengatakan perubahan nama itu resmi. Pesawat tersebut tetap termasuk dalam seri Max. Pengujian sedang dilakukan di sekitar perubahan di pesawat untuk membuatnya terbang lagi. "Masih seri Max, namun Boeing menyebutnya dengan model 737-8 untuk pertama kalinya dalam pengumuman kesepakatan," ungkap Jon Ostrower dari The Air Current.

Baca juga:

Produksi Pesawat Boeing Morat-Marit, Apa Penyebabnya?

2
Seri Max membuat Boeing masuk dalam krisis. (Foto: bangkokpost)

Walaupun kerja keras Boeing 737 terbukti telah melewati banyak generasi secara berturut-turut sejak tahun 1960-an, seri Max telah membuat Boeing jatuh ke dalam krisis.

737 Max dilarang terbang setelah kecelakaan berturut-turut. Pertama, penerbangan Lion Air dari Indonesia jatuh pada Oktober 2018. Kemudian pada Maret 2019 pada penerbangan Ethiopian Airlines yang jatuh di luar di Addis Ababa. Total ada 346 penumpang dan awak tewas dalam kedua kecelakaan itu.

Penyelidikan terhadap kedua kecelakaan tersebut difokuskan pada Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver, atau MCAS, yang merupakan perangkat lunak tambahan Max untuk membuat model terbang seperti versi 737 sebelumnya.

Rekaman kokpit menunjukkan pilot di pesawat jet Ethiopia dan Lion Air berjuang untuk mempertahankan pesawat di udara di mana MCAS, yang harusnya bertindak secara otomatis menyala dalam situasi tertentu, justru mengesampingkan tindakan mereka.

Armada Max telah dilarang terbang di seluruh dunia sementara Boeing memperbaiki masalahnya dengan solusi yang sekarang sedang ditinjau oleh Federal Aviation Administration.

Boeing, sementara itu, harus memikirkan bagaimana menangani sisi pemasaran dari masalah tersebut, yang mungkin bisa membantu dengan perubahan nama.

Boeing berencana menggunakan nama tersebut dalam varian berbeda dari Max, mulai dari 737-7 hingga 737-10. Tidak perlu bingung dengan generasi 737 sebelumnya yang menggunakan sistem angka berbeda untuk menentukan ukuran tipe yang berbeda, seperti 737-800.

Bagaimanapun, Boeing mengatakan senang dengan pesanan Enter Air untuk dua pesawat, ditambah opsi pada dua lainnya. "Pesanan 737-8 tambahan mereka menggaris bawahi kepercayaan mereka pada pesawat dan pria serta wanita Boeing," kata Ihssane Mounir, wakil presiden senior Boeing. (lgi)

Baca juga:

Jet Pribadi Terbaru Boeing 737 Menawarkan Interior Ala Pesawat Angkasa Luar

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH