Kesehatan

Body Combat, Cara Fun Bakar Lemak

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 02 Januari 2018
Body Combat, Cara Fun Bakar Lemak
Salah satu cara seru untuk bakar lemak adalah Body Combat (Sumber Foto: Les Mills)

BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk memiliki tubuh ideal dengan cepat. Tentu saja, cara paling pas dan sehat adalah olahraga. Nah, salah satu olahraga yang sedang digemari anak-anak gym, terutama perempuan adalah body combat.

Olahraga tersebut awalnya dikembangkan oleh Les Mills, sebuah perusahaan penyuplai alat kebugaran asal Selandia Baru. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan body combat? Jadi, body combat adalah olahraga yang menggabungkan gerakan berbagai macam bela diri (martial arts) yang dipadukan dengan musik.

’’Ada banyak macam bela diri yang digabungkan menjadi satu dalam body combat,’’ kata Sisca, salah seorang instruktur body combat di Gold’s Gym, Kalibata City Square, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ketika ditemui Merahputih.com beberapa waktu lalu. Dia menambahkan, ada empat macam bela diri yang digabungkan. Yaitu tinju, karate, taekwondo, muay thai, dan jiujitsu.

Misalnya, jurus-jurus tinju yang muncul dalam body combat adalah ketika melakukan pukulan. Saat melakukan gerakan memukul hidung lawan, artinya arah tangan harus lurus dan lebih tinggi (straight). Gerakan memukul dagu lawan, berarti ayunan tangan bergerak dari bawah ke atas. Sementara untuk gerakan menendang diadopsi dari muay thai. Arah kaki lurus ke depan, ke samping atau mendorong ke arah belakang. Seluruh gerakan tersebut diulang hingga beberapa kali.

Salah satu gerakan Body Combat (Sumber Foto: Les Mills)

Gerakan-gerakan tersebut terlihat ketika Sisca memimpin salah satu kelas body combat di tempat kebugaran itu. Para peserta kelas melakukan tendangan, tinjuan, dan sesekali berteriak untuk membangkitkan semangat. Single milik Marshmellow berjudul Alone diputar untuk menemani para peserta berolahraga.

Mereka mengawali dengan gerakan-gerakan ringan sebagai pemanasan. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan-gerakan memukul dan menendang dengan intensitas lebih tinggi. Tujuannya untuk menaikkan heart rate peserta. Sesi body combat yang berlangsung selama satu jam itu diakhiri dengan gerakan pendinginan.

Menurut Sisca, para peserta disarankan untuk tidak berhenti di tengah-tengah sesi latihan. ’’Jika itu dilakukan, heart rate mereka secara drastis barubah yang berakibat membahayakan jantung,’’ ujar perempuan yang saat ditemui itu mengenakan push-up bra berwarna tosca dan training pack senada itu.

Untuk mengikuti kelas body combat, peserta tidak diwajibkan untuk menguasai ilmu bela diri. Itu karena instruktur akan menuntun gerakan mereka. Selain itu, tidak ada lawan yang mereka hadapi. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada risiko. Sisca menjelaskan, para peserta harus bisa mengukur kemampuan mereka untuk meminimalkan risiko cedera.

Mendengar ada tendangan dan pukulan, body combat terdengar sedikit menyeramkan ya. Tapi tenang, kalau tahu seberapa efektif body combat ampuh bikin Anda langsing, segala jerih payah itu tidak akan sia-sia.

Gerakkan body combat melibatkan seluruh bagian tubuh dari telapak tangan, lengan, perut, paha, betis, telapak kaki, hingga punggung kaki. Tak heran, body combat dapat membakar lemak sebanyak 500–700 kalori setiap sesi latihan.

Hal tersebut memberi pengaruh dalam pembentukan otot secara maksimal, sehingga tubuh lebih kencang dan ramping dalam waktu singkat.

Salah seorang peserta kelas yang merasakan manfaat dari body combat adalah Anna Asmaul, (25). Dia menuturkan, gerakan yang variatif dan fun, membakar lemak secara efektif, serta pilihan lagu yang kekinian membuatnya enjoy mengikuti kelas body combat. ’’Biar pun badan pegal, tapi hati tetap happy,’’ seru perempuan yang bekerja sebagai dokter itu. So, let’s start to kick and punch, ladies. (Avia)

#Kesehatan #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan