Bocah Ajaib Lombok Kalahkan Sprinter Terbaik Amerika, Puan: Ini Sejarah

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 12 Juli 2018
Bocah Ajaib Lombok Kalahkan Sprinter Terbaik Amerika, Puan: Ini Sejarah
Pelari muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri. (Dok. PB PASI)

Merahputih.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengapresiasi Lalu Muhammad Zohri, atlet atletik Indonesia yang meraih emas di nomor lari 100 meter putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tempere, Finlandia.

"Ini sejarah baru bagi Indonesia sekaligus pertama kali atlet Indonesia meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20," ujar Menko Puan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Zohri berhasil mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Ia unggul tipis dari Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik.

Pencapaian Zohri ini merupakan sejarah baru dalam cabang olahraga atletik Indonesia. Sebelumnya, Indonesia mencatatkan prestasi terbaik di nomor lari 100 meter pada kejuaraan yang sama di tahun 1986 dengan mencapai finis ke-8 di babak penyisihan.

lalu lombok
Lalu Muhammad Zohri diwawancara usai meraih emas dunia lari 100 meter putera di Kejuaraan dunia Atletik U20 di Tampere, Finlandia. Foto: Youtube

Menko PMK berharap prestasi yang diraih Zohri semakin memicu semangat para atlet cabang olahraga atletik untuk mencapai prestasi terbaik di Asian Games 2018.

"Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur menjelang Asian Games, di antaranya adalah Stadion Madya Gelora Bung Karno yang kini telah siap digunakan untuk cabang atletik. Harapannya, selain sukses infrastruktur, Indonesia bisa mencapai sukses prestasi," kata Puan dikutip Antara.

Lalu Muhammad Zohri yang lahir 1 Juli 2000 ini mengaku siap untuk bertanding di Asian Games ke-18 yang akan diselenggarakan di Jakarta-Palembang bulan depan. Atlet asal Lombok Utara, NTB, ini akan memberikan performa terbaiknya pada ajang olahraga yang digelar di Indonesia Agustus mendatang.

"Saya sangat gembira dengan catatan waktu terbaik saya dan rekor junior nasional. Sekarang, saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games bulan depan," kata Zohri yang dikutip di situs resmi Federasi Atletik Dunia (IAAF). (*)

#Puan Maharani #Atletik
Bagikan
Bagikan