Bob Marley Rilis Video Klip No Woman No Cry Untuk Merayakan Hari Reggae Sedunia Bob Marley. (Foto: The Irish Time)

MEMPERINGATI Hari Reggae sedunia yang dirayakan tiap 1 Juni, telah dirilis sebuah video klip baru untuk lagu klasik Bob Marley yaitu No Woman, No Cry.

Video klip berdurasi tujuh menit ini menceritakan tentang kisah menyentuh dari sebuah keluarga yang harus terpisah oleh jarak demi menghidupi keluarganya di kampung halaman.

Disutradarai oleh Kristin Mercado Figueroa, video klip ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang tinggal di negara yang berbeda. Sang ayah harus tinggal sendirian dan mencari uang sebagai supir taksi di New York. Ia harus bekerja keras untuk menghidupi kedua anak dan istri di kampung halamannya, Jamaica.

Baca juga:

3 Lagu Bob Marley tentang Protes Keadilan Sosial dan Kesetaraan Ras

Cerita ini pun merefleksikan situasi nyata yang terjadi di berbagai negara dimana salah satu anggota keluarga harus merantau untuk mencari uang karena keterbatasan peluang dan hasil upah di tanah air mereka.

Bob Marley. (Foto uDiscoverMusic)
Bob Marley. (Foto uDiscoverMusic)

Pada 24 Juli 2020, akan dirilis lagi album Legend edisi spesial yang menampilkan foto Bob Marley yang belum pernah dirilis sebelumnya. Album ini berisikan lagu-lagu Marley yang paling dikenal seperti One Love/People Get Ready, Get Up, Stand Up, Is This Love, dan Three Little Birds.

Baca juga:

Konser Bob Marley Live at the Rainbow Akan Ditayangkan Untuk Pertama Kalinya Demi Tujuan yang Mulia

Lagu No Woman No Cry sendiri sering disalahartikan oleh orang-orang. Dilansir dari Story of Song, sebenaranya Marley mengatakan No Woman, Don't Cry. Serupa dengan sebagian besar lagu-lagunya yang lain, No Woman No Cry mengandung makna personal dan sindiran politik terhadap pemerintah yang dibenci Marley.

Lagu ini menceritakan tentang Marley yang sedang berbincang-bincang dengan perempuan yang sedang menangis. Marley mengatakan kepadanya untuk jangan menangis dan lupakanlah masa lalu. Marley juga memberitahu perempuan tersebut untuk mengingat masa-masa indah dan mengatakan bahwa 'everything's gonna be alright' seperti yang ada pada llirik No Woman No Cry.

Bob Marley dan Aston Barrett. (Foto: The Wailers)
Bob Marley dan Aston Barrett. (Foto: The Wailers)

Aston "Family Man" Barrett, pemain bass dari The Wailers mengatakan bahwa lagu ini bercerita tentang kekuatan ibu, kekuatan dari para perempuan 'bertulang belakang' yang tidak bergantung pada laki-laki. "Tentu saja laki-laki akan hadir disana untuk membantumu, maka untuk setiap laki-laki sukses, ada perempuan hebat dibaliknya," ungkap Barrett kepada NME. (shn)

Baca juga:

Dalai Lama Rilis Album Pertamanya yang Berisikan Mantra-Mantra

Sumber : https://www.rollingstone.com/music/music-news/bob-marley-no-woman-no-cry-music-video-1020867/

Tags Artikel Ini

Shenna