Musik

Bob Dylan Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual terhadap Anak

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 18 Agustus 2021
Bob Dylan Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual terhadap Anak
(1) Bob Dylan dituduh lakukan pelecehan seksual pada anak umur 12 tahun. (Foto NME)

PENYANYI dan penulis lagu legendaris Bob Dylan diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis berumur 12 tahun. Peristiwa itu terjadi pada 1965. Demikian menurut dokumen pengadilan yang diajukan pada Jumat (13/8).

CNN Entertainment mewartakan peremupan berusia 68 tahun yang disebut JC menuduh bahwa penyanyi itu berteman dan menjalin hubungan emosional dengannya selama enam minggu. Hubungan itu diakhiri dengan tindakan pelecehan secara seksual beberapa kali antara April dan Mei pada 1965. Ketika itu, JC masih berumur 12 tahun.

“Klaim itu tidak benar. Ini akan dipertahankan dengan penuh semangat,” ujar juru bicara Dylan dalam sebuah pernyataan kepada USA Today.

BACA JUGA:

Edukasi Anak Laki-laki untuk Cegah Pelecehan Seksual

Sementara itu, pengacara JC mengklaim Dylan berteman dengan JC untuk menurunkan hambatannya dengan objek pelecehan seksual yang dia lakukan, ditambah pemberian obat-obatan, alkohol, dan ancaman kekerasan secara fisik. Disebutkan, tindakan itu bahkan meninggalkan luka emosional dan kerusakan psikologis hingga hari ini.

bob dylan
Bob Dylan gunakan statusnya sebagai musisi untuk mendekati JC. (Foto Netral.News)

Gugatan lebih lanjut menuduh Dylan menggunakan statusnya sebagai musisi terkenal demi mendekati JC untuk mendapatkan kepercayaannya dan kendali atas dirinya. Pengacara JC menolak menjelaskan bagaimana dia datang untuk bertemu dengan Dylan dan tidak akan menjelaskan klaim pelecehan seksual.

“Keluhan berbicara sendiri. Kami akan membuktikan semua tuduhan di pengadilan,” kata Daniel Isaacs selaku pengacara JC. “Pengaduan diajukan setelah banyak penelitian dan pemeriksaan menyeluruh dan tidak ada keraguan bahwa dia bersamanya di Hotel Chelsea,” lanjut pengacaranya.

BACA JUGA:

Kris Wu Dituduh Melakukan Pelecehan Seksual terhadap Remaja

Dalam pengajuannya, JC mengaku efek emosional dari dugaan pelecehan telah berlangsung lama dan dia harus mencari perawatan medis untuk dirinya. JC mengalami depresi, penghinaan, dan kecemasan yang bersifat permanen dalam dirinya.

Walau juru bicara Dylan berusaha sekeras mungkin mengklaim dugaan pelecehan seksual itu tidak benar, pengacara JC mengatakan tuduhan itu akan berbicara dengan sendiri. Seperti dilansir Page Six, sudah tak diragukan lagi bahwa Dylan bersama JC di apartemen selama beberapa waktu. Isaacs bahkan dapat memverifikasi detail itu dengan melakukan penelitian terbaik.

bob dylan
Juru bicara Bob Dylan memastikan bahwa klaim JC salah.(Foto DW)

JC tidak bermaksud untuk go public saat ini karena kasusnya yang sudah bertahun-tahun. Isaacs menolak berkomentar tentang mengapa JC baru mengajukan penuduhan setelah bertahun-tahun kemudian.

Gugatan JC ini diajukan pada Jumat (13/8) malam, dalam penutupan the New York Child Victims’ Act. Acara tersebut memungkinkan korban pelecehan masa anak-anak untuk mengajukan gugatan kepada penyerang mereka bersama institusi yang melindungi mereka, terlepas dari berapa lama dan apakah mereka telah melampaui undang-undang pembatasan.

Dylan saat ini berusia 80 tahun. Karier bermusiknya terbentang sepanjang 60 tahun. Pada 2016, Dylan menerima Hadiah Nobel untuk Literatur atas pencapaiannya menciptakan ekspresi puitis baru dengan tradisi besar lagu Amerika.(mic)

#Musik #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan