Boardgame yang tak akan Lekang

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 15 Juli 2018
Boardgame yang tak akan Lekang
Boardgames akan selalu seru dimainkan bersama. (foto: MP/Ikhsan Digdo)

PERKEMBANGAN teknologi memberikan dampak pada bidang apa pun. Salah satunya ialah dunia gim. Sekarang, gim semakin berkembang dan canggih. Melalui gawai saja sudah tersedia berbagai jenis gim yang bisa mengusir kejenuhan kamu.

Ada jugua Playstation, X Box, dan PC. Melalui ketiga media gaming tersebut, kamu akan merasakan pengalaman bermain gim yang menarik. Apalagi grafik yang dihasilkan sangat keren, sehingga menambah kepuasan main gim kamu.

Tidak lupa, yang paling difavoritkan ialah gim daring. Banyak orang ketagihan memainkan gim secara daring. Tawaran gameplay cukup menarik. Terutama tersedianya peningkatan level pada karakter gim. Hal itu membuat siapa pun rela menghabiskan waktu untuk menekuni gim daring.

Namun, ada satu jenis game lagi yang mungkin hampir dilupakan setiap orang, yaitu boardgame, atau gim papan. Di Indonesia, boardgame memang masih terbilang baru, tapi tetap berkembang. "Di Indonesia, boardgame berkembang tapi perlu awareness ya," kata Reza Kadir, Direktur Cuaca Cerah Games, kepada Merahputih.com di acara Bekraf Game Prime 2018, yang dihelat di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (15/7).

boardgames
Spageti, boardgames menguji ketelatenan. (foto: MP/Ikhsan Digdo)

Cuaca Cerah Games merupakan salah satu penerbit boardgame di Indonesia. Dalam acara Bekraf Game Prime 2018, Cuaca Cerah Games memamerkan tiga boardgame unggulan mereka, yaitu Spageti (Polandia), Codenames (Ceko), dan Letter Tycoon (Amerika Serikat). Ketiga gim tersebut merupakan gim dari luar negeri yang dibuat dalam versi Indonesia oleh Cuaca Cerah Games. "Jadi kami ambil lisensi luar negeri, kami ambil Indonesianya. Jadi kami kayak logo publishernya," tambah Reza.

Spageti merupakan boardgame yang mengadu ketangkasan. Pemain harus bisa menarik mainan berupa spageti dari piring dalam waktu 20 detik tanpa membuat area luar piring berantakan. Sementara itu, Codenames dan Letter Tycoon merupakan permainan kosakata. Ketiga gim itu dijamin bakal bikin kamu betah bermain berjam-jam, apalagi kalau main bareng teman atau keluarga.

Menurut Reza, boardgame akan selalu berkembang dan diminati di Indonesia. Pasalnya, boardgame menyatukan kebersamaan para pemain. Karenanya, meskipun bermain gim sudah semakin canggih dengan adanya teknologi, gim 'nyata' tetap dibutuhkan para penikmat gim. "Karena manusia perlu salaman, ketemu orang, ngopi, jadi boardgame enggak akan pernah mati," tegas Reza.

Memang teknologi memanjakan para developer gim mengembangkan gim buatan mereka. Namun, justru kata Reza, teknologi turut membantu penerbit atau developer boardgame menyempurnakan gim mereka. Misalnya, teknologi memudahkan untuk mendesain boardgame.

Bermain boardgames seru bersama keluarga. (foto: MP/Ikhsan Digdo)

Selain itu, dari segi pemasaran, teknologi semakin membantu pembuat boardgame memasarkan gim mereka. Lalu, komunitas boardgame semakin mudah untuk berkomunikasi dengan sesama pencinta boardgame. "Medsos mempromosikan sesuatu lebih murah. Buah bibirnya antarkomunitas bordgame juga lebih gampang," paparnya lagi.

Reza juga menambahkan bahwa pemain boardgame bersifat 'kasual'. Artinya, boardgame tidak selalu dimainkan setiap saat. Namun, akan sangat membantu saat dibutuhkan untuk mengusir rasa jenuh. "Orang mungkin main boardgame pas weekend, itu pun enggak setiap weekend," imbuhnya.

Boardgame milik Cuaca Cerah Games mudah didapat. Kamu bisa mendapatkannya secara daring melalui beberapa marketplace daring semisal Tokopedia dan Shopee. Sementara itu, secara luring, gim seru ini dapat dibeli melalui toko buku Books and Beyond dan Periplus. Cara lain, kamu bisa mengunjungi langsung situs Cuacacerahgames.com. Selamat bermain boardgames!(ikh)

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan