BNPB Tegaskan Isu Gunung Galunggung Meletus Hoax Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (28/07). (Foto: MerahPutih/Novriadi Sitompul)

MerahPutih.Com - Beredarnya rekaman gambar angin kencang yang disertai hujan material di kawasan Gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat pada Rabu (6/12) membuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) langsung melakukan klarifikasi.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan isu Gunung Galunggung meletus disertai hujan batu adalah hoax.

“Benda-benda yang beterbangan di lereng Gunung Galunggung disebabkan angin kencang dari awan Cumulonimbus, “ terang Sutopo Purwo Nugroho dalam cuitannya Rabu (6/12).

Isu yang mengatakan Gunung Galunggung meletus disertai hujan batu adalah HOAX (TIDAK BENAR). Gunung Agung tetap Normal. Benda-benda yang beterbangan di lereng G.Galunggung disebabkan angin kencang dari awan Cumulonimbus. Hati-hatilah saat cuaca mendung dan ada awan Cumulonimbus. pic.twitter.com/WPBsdqZ6P9

Lebih lanjut Sutopo Purwo Nugroho meminta masyarakat untuk berhati-hati saat cuaca mendung karena ada awan Cumulonimbus.

Menurutnya sampai sekarang Gunung Galunggung statusnya masih normal, tidak meletus.

Terkait adanya hoax hujan batu hal itu sama sekali tidak terjadi. Benda-benda yang beterbangan dalam rekaman video warga disebabkan angin puting beliung di lereng gunung.

“Kumpulan awan Cumulonimbus menyebabkan angin kencang yang terjadi sebelum hujan, “pungkas Sutopo melalui akun twitternya @Sutopo_BNPB.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH