BNPB Pastikan Ancol Aman dari Terjangan Tsunami Sejumlah wisatawan menikmati wahana air di Pantai Ancol, Jakarta, Jumat (25/12) (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

MerahPutih.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan wilayah pesisir Jakarta, termasuk wisata Pantai Ancol, Jakarta Utara aman pasca gelombang tsunami yang menerjang pesisir Pantai Provinsi Banten dan Lampung Selatan Sabtu (22/12) lalu.

"Untuk daerah Ancol aman dari tsunami Selat Sunda dan Aktivitas erupsi yang ada di gunung anak Krakatau," ujar Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta Timur, Rabu (26/12).

Menurut Sutopo, pantai di kawasan Ancol sangat jauh dari Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda yang jadi awal tsunami. Dengan demikian kondisi pesisir Jakarta terbilang aman.

Sutopo meminta kepada masyarakat tak perlu khawatir untuk berlibur ke Ancol. Kalaupun ada gelombang tinggi, menurut dia, hal itu karena aspek cuaca atau laut.

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Ia pun menyarakan bagi masyarakat yang ingin berpergian untuk liburan alangkah baiknya mengecek terlebih dahulu perkiraan gelombang tinggi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). "Masyarakat terus dapat memantau tinggi gelombang dari BMKG," jelasnya.

VP Taman Impian Jaya Ancol, Sunarto menyatakan manajemen Ancol juga telah memiliki prosedur standar operasional terkait dengan keadaan darurat apabila terjadi bencana alam. Pada masa gelombang pasang seperti ini para lifeguard senantiasa memberikan himbauan kepada pengunjung dengan pengeras suara agar memperhatikan batas aman berenang termasuk mengawasi anak-anak yang sedang berenang.

Petugas keamanan dan lifeguard yang berjaga di sekitar pantai juga akan siap untuk mengarahkan pengunjung ke titik berkumpul dan lokasi yang lebih aman apabila terjadi keadaan darurat.

"Keamanan dan kenyamanan pengunjung dalam berekreasi merupakan prioritas bagi kami, untuk itu kami selalu berupaya yang terbaik dan mempersiapkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan," ucapnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH