BNPB Nilai Wilayah Kalimantan Aman Jadi Ibu Kota Baru Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menilai wilayah Kalimantan bisa menjadi salah satu daerah yang tepat untuk dijadikan ibu kota. Pasalnya, wilayah tersebut tidak rawan bencana dan aman.

"Dari tahun 1960 sampai dengan sekarang, Kalimantan memang paling aman," ujar Sutopo kepada wartawan di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (30/4).

Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota ke luar pulau Jawa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho

Sutopo menambahkan, dari sisi kebencanaan, wilayah Kalimantan mudah untuk dikendalikan, mulai dari banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan. Namun demikian, hingga kini Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) masih mengkaji hal tersebut.

BNPB, lanjutnya, juga berperan dalam memberikan masukan dan kajian kebencanaan kepada Bappenas terkait pemindahan Ibu Kota. Kalimantan Tengah, Timur, dan Barat bisa menjadi pilihan bagi pemerintah.

"Kalimantan Tengah, Timur, dan Barat bisa jadi opsi pemerintah karena rawan bencana. Dalam melihat kebencanaanya, BNPB juga memberikan sumbangsih kajian kebencanaan kepada Bappenas," paparnya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH