BNPB Nilai Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Tsunami Meningkat

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Jumat, 26 Januari 2018
BNPB Nilai Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Tsunami Meningkat
Ilustrasi gelombang tsunami. Foto: Pixabay

MerahPutih.com - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan tsunami sudah semakin meningkat.

"Kesiapsiagaan masyarakat semakin baik. Ketika terjadi gempa, mereka langsung melakukan evakuasi mencari tempat yang lebih tinggi. Kalau ada kepanikan, itu alamiah," kata Sutopo seperti dilansir Antara, Jumat (26/1).

Meskipun tanggapan dan kesiapsiagaan masyarakat sudah semakin meningkat, Sutopo menilai masih ada beberapa masalah yang dihadapi, terutama dalam hal mengantisipasi kemungkinan tsunami.

Menurut Sutopo, yang perlu diperhatikan adalah cara menyampaikan peringatan secepat mungkin kepada masyarakat untuk bersiap siaga menghadapi kemungkinan tsunami.

"Kalau diberi peringatan, masyarakat sudah langsung lari dan tahu harus ke mana. Namun, apa betul itu sudah sesuai dengan standar prosedur operasional? Sirine peringatan saat ini masih sedikit. Masih sangat terbatas," tuturnya.

Karena itu, Sutopo mengatakan selain terus melakukan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat terhadap kesiagsiagaan kemungkinan tsunami, dan bencana-bencana lainnya, hal lain yang perlu dipikirkan adalah mempersiapkan sarana dan prasarana peringatan dini.

"Kemungkinan tsunami terjadi di wilayah Selatan Sumatera dan Jawa. Kesiapsiagaan masyarakat di daerah itu sudah semakin meningkat, tapi sistem peringatan dini yang masih terbatas," tuturnya. (*)

#Tsunami #BNPB
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan