BNPB Minta Masyarakat Waspadai Banjir dan Longsor

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 03 Maret 2018
BNPB Minta Masyarakat Waspadai Banjir dan Longsor
Banjir di wilayah Jakarta Pusat (Foto: @BPBDJakarta)

MerahPutih.com - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan banjir, longsor, dan puting beliung.

"Kemungkinan hujan selama Maret 2018 masih akan tetap tinggi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan curah hujan dengan intensitas tinggi berpeluang terjadi di sejumlah tempat," kata Sutopo melalui siaran pers diterima di Jakarta, seperti dikutip Antara

Sutopo mengatakan curah hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan terjadi di Jawa Barat bagian tengah hingga timur, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

"Kondisi tanah sudah jenuh air sehingga akan mudah terjadi banjir dan longsor," tuturnya.

Sebaliknya di daerah-daerah yang dilintasi atau berada di sekitar garis khatulistiwa seperti Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah akan semakin kering sehingga berpeluang meningkatkan kebakaran hutan dan lahan.

"Sedangkan gempa bumi dan tsunami dapat terjadi kapan saja," ujarnya.

Karena itu, Sutopo meminta masyarakat untuk terus waspada dan mengenali lingkungan di sekitarnya serta tidak lengah karena bencana dapat terjadi kapan saja. (*)

#BNPB #Sutopo Purwo Nugroho #Banjir #Longsor
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan