BNPB Kerahkan Heli Water Bombing Tangani Kebakaran TPST Sarimukti

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 25 Agustus 2023
BNPB Kerahkan Heli Water Bombing Tangani Kebakaran TPST Sarimukti
Pengoperasian heli water bombing untuk pemadaman api di di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sari Mukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023). (Antara/HO-BNPB)

MerahPutih.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menurunkan satu unit heli water bombing guna menangani kebakaran di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (25/8).

"Menindaklanjuti permintaan dari Gubernur Jawa Barat, hari ini satu unit heli water bombing BNPB sedang persiapan untuk melakukan pemadaman api dari udara di TPST Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta.

Baca Juga

Darurat Bencana Ditetapkan Akibat TPA Sarimukti Bandung Barat Kebakaran

Selain itu, Abdul mengatakan curah hujan yang sangat rendah juga memicu bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jabar.

Sebanyak 15 wilayah administrasi kabupaten atau kota mengalami karhutla. Teridentifikasi 39 kecamatan yang tersebar di 15 kabupaten terdampak karhula dari 1 Januari hingga 23 Agustus 2023.

Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi Jawa Barat, ke-15 wilayah terdampak kebakaran, yaitu Kabupaten Karawang, Purwakarta, Subang, Bogor, Sumedang, Majalengka, Bandung Barat, Cirebon, Kuningan, Garut, Bandung. Sedangkan wilayah kota, daerah terdampak mencakup Kota Sukabumi, Cimahi, Bandung dan Bogor.

Baca Juga

Ridwan Kamil Tambah Lahan TPA Sarimukti Tangani Krisis Sampah di Bandung

Kerugian dampak kebakaran tercatat lahan pertanian seluas 156 hektare.

"Menyikapi potensi bahaya karhutla, pihak BPBD Provinsi telah melakukan koordinasi dengan BPBD se-kabupaten dan kota di wilayahnya. Koordinasi juga dilakukan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya, khususnya menyangkut antisipasi kerugian lahan warga," ujar Abdul.

Selain itu, BPBD provinsi dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait berupaya untuk melakukan pencegahan dini mengantisipasi dampak meluas karhutla. (*)

Baca Juga

Kebakaran di TPA Sarimukti Dikhawatirkan Memicu Darurat Sampah di Bandung

#BNPB
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan