BNPB: 77 Orang Meninggal Dampak Banjir Bandang di Sentani Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Badan Nasional Penanggulang Bencana (BNPB) menyampaikan ada sebanyak 77 orang meninggal dunia dampak dari banjir bandang di Sentani, Jayapura, Papua, Minggu (17/3) kemarin.

"70 orang meninggal berada di Kabupaten Jayapura dan 7 orang di kota Jayapura," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (18/3).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Foto: MP/Kanugrahan

Sutopo menuturkan, ada 43 orang belum ditemukan dampak dari bencana banjir bandang Sentani. Terdapat 74 orang luka-luka.

Lanjut Sutopo, 4.226 mengungsi di enam titik. Ada 1.450 orang di BTN Gajah Mada, 600 orang di BTN Bintang Timur, 203 orang di Doyo Baru, 400 orang di sekolah HIS Sentani, 1.273 orang di posko induk Gunung Merah, 300 orang SIL Sentani.

"11.725 Kepala keluarga derdampak," tutur Sutopo.

Ia pun menjelaskan kenapa banjir bandang dapat menghatam Sentani Jayapura lantaran curah hujan selama 7 hari sangat ekstrem. Adanya longsor karena proses alami di wilayah timur sentani dan membentuk bendung alami yang jebol ketika hujan ekstrem.

Banjir bandang di Papua. Foto: Twitter

"Adanya kerusakan hutan yang dilakukan oleh manusia," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH