BNN Papua Ungkap Pemasok Ganja dari PNG Gunakan Jalur-Jalur Tikus

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 20 Desember 2021
BNN Papua Ungkap Pemasok Ganja dari PNG Gunakan Jalur-Jalur Tikus
Keplaa BNN Papua Tjatur Abrianto. (ANTARA/Evarukdijati)

MerahPutih.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua menyatakan Papua Nugini (PNG) menjadi pemasok utama narkotika jenis ganja di provinsi ini.

"Banyak jalan tikus yang bisa digunakan para pengedar melintas dan memasuki wilayah Papua, khususnya Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom yang berbatasan langsung dengan PNG," kata Kepala BNNP Papua Tjatur Abrianto di Jayapura, Senin (20/12).

Selain itu, ujar dia, Kota Jayapura memiliki pantai yang relatif landai sehingga memudahkan perahu motor masyarakat untuk disandarkan.

Baca Juga:

Filep Wamafma Minta Pemekaran di Papua Harus Utamakan Kesejahteraan OAP

Dalam keterangan akhir tahunnya, ia menjelaskan bahwa selama tahun 2021 BNNP Papua menangani sebanyak 19 kasus dengan 25 tersangka yang meliputi kasus narkotika jenis ganja dan sabu-sabu.

Kasus itu, paparnya, ditangani BNNP Papua sebanyak 11 kasus dengan 11 tersangka, BNN Kabupaten (BNNK) Jayapura dan BNNK Mimika masing-masing empat kasus dengan tujuh tersangka.

Pemasok narkotika jenis sabu, Tjatur mengatakan, dari tiga daerah, yaitu Jakarta, Madura (Jatim), dan Makassar (Sulsel) yang dikirim melalui jasa pengiriman barang.

Baca Juga:

Pendekatan yang Akan Digunakan Pemerintah Atasi Masalah di Papua

Para pengedar, ujarnya, selalu berupaya mengirimkan dan meloloskan barang haram tersebut, sehingga pihaknya mengharapkan kerja sama dengan semua pihak untuk menggagalkan upaya penyebaran narkotik di Papua.

"Jangan ragu untuk menginformasikan apabila mengetahui adanya peredaran narkotika di sekitar lingkungan warga karena narkotika akan merusak masyarakat, " harap Tjatur, dikutip Antara. (*)

Baca Juga:

Kejagung Bentuk Tim Penyidik Kasus HAM Berat Paniai Papua

#Papua #Papua Nugini (PNG) #Ganja
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan