BNN Gagalkan Penyelundupan 40 Kg Sabu Asal Malaysia Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso (kedua kiri) ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc/18.

MerahPutih.com - Tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bea Cukai berhasil mengungkap serta penyita 40 kilogram narkoba jenis sabu-sabu. Pengungkapan itu dilakukan pada Rabu (10/1) dan Kamis (11/1) di dua lokasi berbeda.

"Total ada 4 orang tersangka kita amankan," ujar Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari, Jumat (12/1)

Pengungkapan ini bermula ketika tim mendapatkan informasi pada Rabu (10/1) akan ada penyelundupan narkotika jenis sabu seberat kurang lebih 40 kg ke Aceh. Barang haram itu akan diselundupkan melalui laut.

Barang haram itu, sambung Arman, diselundupkan dari Penang, Malaysia dengan menggunakan perahu motor menuju Idi Rayuk. Oleh para tersangka, 40 kg sabu itu dipecah menjadi dua bagian. 30 kg dibawa ke Bagok Panah dan berhasil diungkap.

"Pada saat ditemukan, barang bukti disembunyikan dengan cara dikubur diperkarangan rumah sedangkan sisanya 10 kg ditemukan di spead boat," beber Arman.

Kini, team tengah mpengejaran terhadap seorang pelaku bernama Dek Bat yanh berperan sebagai pengendali jaringan dan pemilik 40 kg sabu

"Saat ini tersangka dan barang bukti diamankan di Bnnk langsa untuk dilanjutkan penyidikannya," jata Arman.

Selain barang bukti narkoba, BNN juga menyita beberapa barang bukti antara lain kendaraan roda dua, spead boad, alat komunikasi dan GPS. (Ayp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH