BNN Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Ganja di Jakarta Timur

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 18 Februari 2020
BNN Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Ganja di Jakarta Timur
Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari (topi biru) dalam kegiatan operasi pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dan BNN Provinsi DKI Jakarta di Go

MerahPutih.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan penyelundupan ganja dengan perkiraan berat sekitar 1 ton di area pul truk, Cipayung, Bambu Apus, Jakarta Timur, Selasa (18/2) siang.

"Berat bruto barang bukti kurang lebih 1 ton, berat bersih belum dapat dihitung," kata Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Antara.

Baca Juga:

Mabes Polri Tegaskan Polemik Ekspor Ganja Tak Perlu Didiskusikan Lagi

Dalam penggerebekan turut diamankan enam orang yang diduga terlibat dalam perdagangan gelap narkoba tersebut.

Menurut Arman, ratusan kilogram ganja itu dibawa dari Aceh melintasi Medan, Lampung, dan Jakarta dengan truk melalui jalur darat.

Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari. (Susylo Asmalyah/Antara)
Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari. (Susylo Asmalyah/Antara)

Ganja-ganja tersebut, kata dia, dibagi dalam 500 bungkus dan dikemas di dalam plastik, lalu disamarkan menggunakan lapisan serbuk dengan bau menyengat untuk mengelabui penciuman anjing pelacak.

Baca Juga:

BNN dan Bareskrim Polri Cokok 5 Kurir Pembawa 250 Kilogram Ganja

"Ganja dikemas dalam plastik dan dikamuflase dengan lapisan serbuk yang berbau tajam untuk menghindari pemeriksaan petugas jika menggunakan anjing pelacak (K9)," katanya.

Berdasarkan penjelasan Arman, barang haram tersebut akan dibawa menuju kawasan Parung, Bogor, kemudian didistribusikan kepada pemesan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Arman mengatakan bahwa saat ini para tersangka dan barang bukti masih berada di tempat kejadian perkara. Selanjutnya, dibawa ke Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur. (*)

Baca Juga:

BNN Akhirnya Sikapi Usulan Ganja Jadi Komoditas Ekspor

# Badan Narkotika Nasional (BNN) #Ganja
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan